Festival Internasional Dataran Tinggi Gayo-Alas Siap Digelar

Pusatsemangat.com – “Festival Internasional Dataran Tinggi Gayo-Alas Siap Digelar”. Selamat menikmati info menarik dari kami. Jangan lewatkan untuk membaca informasi ini sampai selesai. Semoga bisa berikan inspirasi.

TAKENGON, KOMPAS.com – Gayo Alas Mountain International Festival (GAMIFest) atau Festival Internasional Dataran Tinggi Gayo dan Alas akan digelar di empat kabupaten di Aceh, 14 September-24 November 2018.

Festival ini akan digelar di Dataran Tinggi Gayo meliputi Aceh Tengah, Gayo Lues, dan Bener Meriah. Sementara Alas adalah kawasan yang berada di Aceh Tenggara.

Perhelatan akbar di wilayah tengah-tenggara Aceh itu rencananya akan dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo, di Lapangan Musara Alun, Takengon, Aceh Tengah. Acara ditutup di Gayo Lues dalam event peringatan Tari Saman sedunia pada 24 November mendatang.

Menurut seorang tim Persiapan GAMIFest dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI), Fikar W Eda, GAMIFest adalah pintu masuk dalam pengembangan kawasan Dataran Tinggi Gayo-Alas.

Kawasan ini dianggap perlu pengembangan secara khusus berdasarkan potensi spesifikasi yang ada di empat kabupaten itu.

Fikar menjelaskan event ini membutuhkan infrastruktur yang baik pula kebutuhan lain dalam rangka mempercepat pembangunan kawasan, yang pada ujungnya akan menuju pada peningkatan kesejahteraan.

“Tujuan mengusung GAMIFest ialah untuk pengembangan khusus yang strategis bagi Dataran Tinggi Gayo-Alas. Sebab di Provinsi Aceh ada tiga kawasan, kawan pesisir, kawasan kepulauan dan pegunungan. Pasti pendekatan kepada tiga wilayah ini berbeda, sehingga tak dapat disamakan. Apalagi kawasan pesisir jauh lebih maju dibandingkan dengan kawasan pegunungan,” kata Fikar, Selasa (4/9/2018).

Kawasan pegunungan yang berada di Aceh, lanjut Fikar, mempunyai sumber daya alam yang patut diperhitungkan namun membutuhkan penanganan yang bersifat segera.

Baca Juga:  Waterpark Terbaik se-Asia Ada di Bali

“Coba dibayangkan, di kawasan pegunungan potensinya hebat, seperti kopi, Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), lingkungan, budaya dan pariwisata. Ini membutuhkan penanganan yang lebih cepat, sehingga mereka dapat bangkit dan bergerak bersama-sama mencapai keinginan untuk maju,” jelasnya.

Adapun GAMIFest, ungkap Fikar, adalah kegiatan atraksi seni budaya yang berdasarkan potensi spesifikasi yang ada di kawasan Gayo-Alas dengan melibatkan sebanyak-banyaknya komunitas dan warga di kawasan itu.

“Jadi mereka yang membangkitkan gerakan bersama, terlibat bersama-sama, dan mereka bukan hanya menjadi penonton. Pendekatannya pasti komunitas dan warga. Pemerintah hanya memfasilitasi kebutuhan mereka untuk bergerak,” ungkapnya.

Ia menambahkan, GAMIFest bukan berarti sebuah kegiatan yang menggelontorkan dana dari pemerintah pusat kepada empat kabupaten.

Sejumlah kementerian akan mengkoordinasikan program pembangunan yang ada di kementerian lembaga masing-masing setelah melihat peluang pembangunan infrastruktur dan yang diperlukan bagi kawasan itu setelah kegiatan berlangsung.

Terimakasih telah membaca informasi dari kami tentang “Festival Internasional Dataran Tinggi Gayo-Alas Siap Digelar”. Informasi ini pernah diterbitkan di sini. Jangan sampai tak baca informasi menarik lainnya ya.

Yuk bantu share. Semoga jadi amal jariyah dengan ikut berbagi ilmu bermanfaat ini. Aamiin.
Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Pin on Pinterest
Pinterest
Share on Tumblr
Tumblr
Share on LinkedIn
Linkedin