Mau Punya Website? Mulai 50rb saja Anda sudah bisa punya website sendiri

3 Golongan yang Senang Ketika Ramadhan Datang

Ramadhan bulan istimewa yang ditunggu-tunggu kedatangannya oleh para muslim di seluruh dunia. Kita sebagai seorang muslim menyambutnya dengan penuh suka cita karena merindukan bulan istimewa ini sebelas bulan lamanya.

Ada tiga golongan orang islam yang bahagia, senang atas kehadiran bulan Ramadhan. Golongan orang-orang ini adalah golongan orang yang baik yaitu golongan orang yang benar-benar menjadikan bulan ramadhan sebagai bulan beramal shaleh. Berikut ini penjelasan tentang ketiga golongan yang senang ketika bulan Ramadhan datang:

3 Golongan yang Senang Ketika Ramadhan Datang

Pertama, Orang yang terbiasa beramal shaleh

Orang yang sudah terbiasa beramal shaleh akan merasa senang ketika Ramadhan datang sebab di bulan Ramadhan pasti banyak orang yang beramal shaleh dan tempat-tempat kemunkaran ditutup sehingga lebih khusyuk melaksanakan amal-amal shaleh di bulan Ramadhan.

Dia senang melaksanakan amal shaleh di bulan di luar Ramadhan, semakin senang lagi ketika di bulan Ramadhan bertambah jumlah orang-orang yang beramal shaleh. Mereka bisa berlomba-lomba dalam kebaikan sehingga bulan Ramadhan menjadi puncaknya bulan beramal shaleh.

Kedua, Orang yang Gemar Ibadah

Orang yang sudah terbiasa malaksanakan ibadah sehingga ibadah tersebut telah menjadi kegemarannya akan senang ketika bulan Ramadhan datang karena di bulan Ramadhan terdapat ibadah puasa yang wajib dilaksanakan oleh orang-orang yang beriman. Dia yang sudah terbiasa melaksanakan puasa sunnah, seperti puasa senin dan kamis, dia akan terbiasa melaksanakan puasanya. Orang yang sudah terbiasa puasa sunnah Dawud yaitu sehari puasa sehari berbuka dan seterusnya, akan terbiasa dengan puasanya. Dengan demikian puasa di Bulan Ramadhan menjadi suatu ibadah yang sudah biasa dia kerjakan sehingga ibadah tersebut tidak menjadi berat tetapi menjadi ringan karena telah terlatih oleh puasa sunnah yang sudah didawamkannya. Maka orang ini akan sangat senang dengan datangnya bulan yang mulia ini.

Ketiga, Orang yang tertarik dengan pahala

Pahala ibadah di bulan Ramadhan dilipatgandakan dari satu ibadah diberikan kelipatan yang tidak terhingga. Siapa yang tidak ingin mendapat pahala yang berlipat-lipat jumlahnya selain mereka yang mengetahui keutamaan bulan Ramadhan?

Misalkan ada seorang pegawai yang digaji harian, biasanya 75.000 gaji perharinya. Apabila dia bekerja ke Anda maka gaji harian dia akan dikalikan 10 kali lipat, kira-kira dia akan menolak atau tidak? Begitu pula orang yang sudah memahami keutamaan bulaan Ramadhan, Allah menjanjikan pahala yang dilipatgandakan 1000 kali bahkan lebih dari itu dan surga dipastikan menjadi tempat tinggalnya dan neraka diharamkan untuknya sehingga Allah menjauhkan antara dia dengan neraka sejauh jarak 70 tahun.

Ada apa lagi di bulan Ramadhan? Di dalam bulan Ramadhan terdapat suatu malam (lailatul qodr) yang lebih baik dari malam-malam seribu bulan. Orang yang tahu keutamaan malam tersebut akan berusaha mendapatkan malam lailatul qodr. Banyak hadits yang meriwayatkan bahwa malam lailatul qodr terletak pada 10 hari terakhir pada malam-malam ganjil.

Leave a Reply