5 Kuliner Khas Medan yang Wajib Dicoba

Pusatsemangat.com – “5 Kuliner Khas Medan yang Wajib Dicoba”. Selamat menikmati info menarik dari kami. Jangan lewatkan untuk membaca informasi ini sampai selesai. Semoga dapat memberikan inspirasi.

KOMPAS.com – Berlibur ke Medan, rasanya tak lengkap bila tak menyicipi kuliner khasnya.

Tak hanya durian, banyak pula makanan khas Medan mulai dari lontong hingga soto. Berikut daftarnya seperti dihimpun KompasTravel.

1. Lontong Medan

Pagi hari, mungkin Anda bisa mencicipi makanan ini. Lontong Medan terdiri dari lontong, sayur santan, sambal, teri, tauco, mi, dan bumbu kacang.

Aneka lauk yang bisa Anda pilih seperti telur balado, ayam, hingga rendang.

Hidangan ini bisa Anda temukan di rumah makan yang buka sejak pagi hari, salah satunya Lontong Kak Lin yang terletak di Jalan Jalan Teuku Cik Ditiro.

Soto medan. TRIBUN MEDAN/SILFA HUMAIRAH Soto medan.

2. Soto Medan

Tidak hanya di Jawa, Medan juga punya soto. Khasnya soto medan adalah kuah santan kental bewarna kuning kehijauan.

Isi soto medan bisa berisi daging sapi atau ayam. Anda juga bisa memilih perkedel kentang atau rempeyek udang sebagai pelengkap hidangan.

Soto medan yang paling terkenal di Medan ada di Rumah Makan Sinar Pagi, Jalan Sei Deli.

3. Mi Gomak 

Mi gomak disebut-sebut sebagai spaghetti khas tanah Batak, karena bentuknya cukup besar. Teksturnya kenyal, berdiameter besar, dan lebih panjang dari pasta. 

Kuahnya mirip gulai karena bersantan, menggunakan sedikit kunyit menjadikan kuahnya kuning kecoklatan. Soal rasa, sedikit asin, dan gurih. Aroma dan rasa andaliman serta kincung menjadi ciri yang sangat kentara. 

Bihun Bebek 75KONTAN/Carolus Agus Waluyo Bihun Bebek 75

4. Bihun Bebek 

Hidangan bihun bebek serupa seperti sup ayam. Bedanya bihun bebek ini menggunakan daging bebek dan rasa kuah yang unik. Bihun bebek terbagi dua jenis, yaitu kuah kaldu atau kuah herbal. 

Salah satu kedai yang bisa dikunjungi yakni ke Bihun Bebek Asie di Jalan Gedeh 18, Kota Medan.

5. Gulai Daun Ubi

Gulai daun ubi, atau daun ubi tumbuk merupakan hidangan khas Suku Batak yang banyak ditemukan di rumah makan khas Mandailing. Bila di Jawa, makanan ini mirip dengan sayur daun singkong.

Selain daun ubi atau singkong, terdapat pula buah cepokak dan kincong. Salah satu yang khas dan membedakan gulai ini dengan gulai daerah lain ialah adanya rempah honje atau kecombrang.

Terimakasih telah membaca informasi dari kami tentang “5 Kuliner Khas Medan yang Wajib Dicoba”. Informasi ini pernah diterbitkan di sini. Jangan sampai tidak baca informasi menarik lainnya ya.

"Kita tidak pernah tahu bahwa ilmu dari link yang kita sebar mungkin dapat merubah hidup seseorang."

Leave a Reply