Mau Punya Website? Mulai 50rb saja Anda sudah bisa punya website sendiri

5 Oleh-oleh yang Bisa Anda Bawa dari Palembang

Pusatsemangat.com – “5 Oleh-oleh yang Bisa Anda Bawa dari Palembang”. Selamat menikmati info menarik dari kami. Jangan lewatkan untuk membaca informasi ini sampai selesai. Semoga dapat memberikan inspirasi.

 

KOMPAS.com – Sebelum kembali ke daerah asal, terutama setelah mengikuti rangkaian acara Asian Games 2018 di Palembang, rasanya ada yang kurang bila tak membeli buah tangan untuk keluarga atau teman.

Ada beberapa buah tangan khas Palembang yang bisa Anda bawa, seperti dihimpun oleh KompasTravel.

1. Pempek dan Tekwan

Makanan khas Palembang, pempek. Bagi warga Sumsel belum terasa lengkap saat berbuka puasa jika tidak menyantap makanan yang dibuat dari gandum dan ikan ini.KOMPAS.com/AMRIZA NURSATRIA Makanan khas Palembang, pempek. Bagi warga Sumsel belum terasa lengkap saat berbuka puasa jika tidak menyantap makanan yang dibuat dari gandum dan ikan ini.

Tak hanya makan langsung di Palembang, pempek dan tekwan asli Palembang juga bisa Anda bawa sebagai buah tangan.

Biasanya pempek dan tekwan yang akan dibawa pulang bisa Anda pilih sesuai dengan paket yang disediakan. Harga per paketnya mulai dari Rp 100.000.

 

2. Kerupuk atau Kemplang

Di UKM Mart Kota Mandiri Terpadu (KTM) Telang, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan,  warga menjual penganan khas produksi mereka seperti keripik pisang, keripik daun singkong, kemplang udang, dan kemplang ikan. Josephus Primus Di UKM Mart Kota Mandiri Terpadu (KTM) Telang, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, warga menjual penganan khas produksi mereka seperti keripik pisang, keripik daun singkong, kemplang udang, dan kemplang ikan.

Kerupuk dan kemplang khas Palembang juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Kemplang telah dikemas dan dibungkus menggunakan kertas sehingga lebih awet.

Kemplang dibuat menggunakan ikan belida, terdiri dari dua jenis yakni kemplang goreng atau bakar. Harganya mulai dari Rp 35.000.

 

3. Kain atau Songket

Tari Sriwijaya pada pembukaan pameran Ragam Songket Nusantara dan Tradisi Tenun Serupa. KOMPAS/LUSIANA INDRIASARI Tari Sriwijaya pada pembukaan pameran Ragam Songket Nusantara dan Tradisi Tenun Serupa.

Selain makanan, songket Palembang kerap dibeli wisatawan untuk oleh-oleh. Di Sumatera Selatan, terutama di Palembang, songket ini digunakan pada setiap acara adat dan hadiah perkawinan.

Tak perlu khawatir, tak semua songket mahal. Banyak pula songket yang dijual dengan harga terjangkau. Ada yang berkisar Rp 200.000, hingga jutaan rupiah.

 

4. Kue Khas Palembang

Beberapa kue khas Palembang yang cocok untuk buah tangan adalah kue delapan jam, maksuba, dodol agar, srikaya tape, wajik, engkak ketan, kojo, dan lapis legit.

Kue Lapis Maksuba Khas Kota PalembangDok Gulaku Kue Lapis Maksuba Khas Kota Palembang

Maksuba dan kue delapan jam sebenarnya dibuat dengan bahan dasar yang sama. Terdiri dari telur, gula, susu, dan tepung gandum.

Bedanya, maksuba dibuat selapis demi selapis dan dipanggang dalam oven selama sekitar 2 hingga 4 jam.

Sementara kue delapan jam merupakan bolu penuh yang dikukus selama 8 jam penuh dan dipanggang untuk mengeringkan airnya.

Kue-kue ini biasanya dihidangkan sebagai hidangan penutup setelah santapan tekwan atau pempek yang juga khas Palembang.

Harga kue basah per loyang berkisar mulai dari Rp 150.000.

5. Lempok Durian

Lempok Empat Lawang.SUSYANTO TUNUT Lempok Empat Lawang.

Lempok durian atau biasa dikenal sebagai dodol durian juga bisa jadi pilihan. Pembuatannya sama seperti dodol. Lempok dibuat dari durian asli. Harganya bervariatif, mulai dari Rp 15.000.

Perlu dicatat lempok durian memang tidak terlalu tahan lama, hanya sekitar satu bulan. Namun, bila ingin tahan lebih lama, bisa Anda simpan di dalam lemari es.

Mau jalan-jalan gratis ke Jerman bareng 1 (satu) teman kamu? Ikuti kuis kerja sama Kompas.com dengan Scoot lewat kuis JELAJAH BERLIN. Ada 2 (dua) tiket pesawat PP ke Jerman, voucher penginapan, Berlin WelcomeCards, dan masih banyak lagi. Ikuti kuisnya di sini. Selamat mencoba!

 

Terimakasih telah membaca informasi dari kami tentang “5 Oleh-oleh yang Bisa Anda Bawa dari Palembang”. Informasi ini pernah diterbitkan di sini. Jangan sampai tidak baca informasi menarik lainnya ya.

Leave a Reply