1090 E-Book GRATIS
DOWNLOAD

Agar Blogmu di Halaman Pertama Google

Hanya ingin berbagi pengalaman atas sebuah keberhasilan mengelola blog. Saya sendiri membuat blog dengan tujuan agar blog saya banyak yang mengunjungi kemudian karena hobi saya menulis maka tentunya berharap banyak pengunjung yang singgah menyempatkan diri untuk membaca karya saya.

Seperti mengupdet status facebook, pastinya dalam status tersebut adalah buah pikiran atau curahan perasaan yang ingin orang lain mengetahuinya. Dengan mengungkapkan perasaan lewat tulisan/status facebook maka sedikit berkurang beban di hati kita. Bukan begitu?

Begitu pula di dalam blog. Saya sangat senang apabila banyak yang membaca artikel tulisan tangan saya. Dengan demikian selain ungkapan perasaan tersampaikan juga manfaat dapat tersebarkan.

Kembali ke judul. Awalnya blog saya tidak terdeteksi oleh search engine seperti google. Maka langkah awal yang saya lakukan adalah mendaftarkan url atau alamat blog saya kepada webmaster mereka.

Untuk mendaftar ke mereka saya menggunakan:
Google.co.id : www.google.co.id/addurl/
Google.com : www.google.com/addurl/

Agar Blogmu di Halaman Pertama Google

Setelah mendaftarkan diri kepada search engine tersebut, blog saya dapat terdeteksi oleh mereka. Saya juga belajar tentang penggunaan keyword. Ini yang paling berat, perang berebut keyword. Saya pernah mendapat keyword “ebook novel cinta” di halaman pertama google dengan link halaman http://pusatsemangat.blogspot.com/2013/10/download-koleksi-novel-gratis-untuk-anda.html

Saya pun tidak menyangka bisa mendapatkan ini. Namun itulah yang disebut keberuntungan. Itu baru 3 kata. Saya masih perjuang untuk merebut satu kata kunci saja seperti “cinta”. Sehingga ketika orang mengetik apapun di mesin pencari google yang berkata kunci “cinta” maka blog saya yang muncul di halaman pertama.

Langkah selanjutnya adalah dengan sering mempromosikan blog kita kepada teman-teman. Saya sering mempromosikan blog saya kepada orang-orang terdekat. Banyak teman yang minta materi pelajaran, kumpulan soal, materi kuliah, dan sebagainya maka saya membuat halaman khusus berbagi setiap materi tersebut pada halaman yang berbeda. Kemudian bagi mereka yang meminta materi tersebut saya berikan link halaman blog saya. Dengan kata lain, punya banyak teman adalah peluang bagi kita (silaturahim memperluas pintu rezeki).

Apabila banyak yang mengunjungi halaman kita, ini membuat google suka dan tidak ragu menempatkannya di halaman awal. Tentunya butuh kesabaran untuk meraihnya.

Selanjutnya, seringlah berkunjung ke blog lain dan kalau bisa kita bertukar link. Ini akan membantu peringkat kita di google semakin meningkat. Inilah yang disebut back link.

mau bertukar link?

Sudah banyak yang bertukar link dengan saya. Silakan lihat sendiri di sini

Kalau bisa, kita bertukar link dengan blog yang sudah tinggi peringkatnya. Kalau kita dapat back link dari mereka, tunggu saja hasilnya. Alasannya, blog terkenal tersebut memperkenalkan kita kepada para fans nya. Artinya secara tidak langsung blog kita dipromosikan olehnya.

Tidak perlu bayar mahal untuk mempopulerkan blog kita. Ini cara yang pernah saya lakukan. Bagi sobat yang ingin mencoba saya berdo’a, semoga berhasil.

"Kita tidak pernah tahu bahwa ilmu dari link yang kita sebar mungkin dapat merubah hidup seseorang."

Leave a Reply