Mau Punya Website? Mulai 50rb saja Anda sudah bisa punya website sendiri

Atraksi Berjalan di Atas Bara Batu, Tarian Khas Biak Numfor

Pusatsemangat.com – “Atraksi Berjalan di Atas Bara Batu, Tarian Khas Biak Numfor”. Selamat menikmati info menarik dari kami. Jangan lewatkan untuk membaca informasi ini sampai selesai. Semoga dapat memberikan inspirasi.

JAKARTA, KOMPAS.com – Ragam budaya Indonesia memang begitu menarik untuk diketahui. Begitu pula dengan sebuah atraksi jalan di atas bara atau disebut Apen Bayeren.

Apen Bayeren merupakan salah satu tarian khas Biak Numfor yang lekat dengan unsur budaya juga unsur magis. Apen memiliki artian batu yang dibakar, sedangkan Beyeren berarti kesepakatan.

Atraksi ini menyatukan perbedaan frekuensi energi antara manusia dan bara batu. Setelah semuanya sama, maka bara batu yang diinjak ini tidak akan melukai atau terasa panas.

Dalam pertunjukkan tersebut juga ada lafal mantra dinyanyikan berulang dinamakan Neno-neno, yang berarti pujian. Filosofinya adalah persembahan Tuhan yang dibawakan melalui Wor atau tarian.

“Apen Beyeren ini wujud kekayaan Biak Numfor. Nuansanya memang sangat sakral. Inilah salah satu daya tarik pariwisata di sini,” ujar Pelaksana Tugas Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap dikutip dari laman Facebook Kementerian Pariwisata.

Apen Bayeren, sebuah atraksi jalan di atas bara batu. Merupakan salah satu tarian khas Biak Numfor yang lekat dengan unsur budaya juga unsur magis. DOK. Biak Nurmfor Apen Bayeren, sebuah atraksi jalan di atas bara batu. Merupakan salah satu tarian khas Biak Numfor yang lekat dengan unsur budaya juga unsur magis.

Apen Beyeren dimulai dengan prosesi pembakaran batu karang, batu pun disusun berseling dengan kayu.

Setelah itu, ritual pembongkaran batu pun dilakukan untuk mengambil kayu atau bara sisa pembakaran. Kemudian bara batu karang ini diratakan.

Biasanya aksi ini dilakukan oleh masyarakat adat lengkap menggunakan kostum. Satu persatu melewati bara batu tersebut, sambil menari Tarian Woro Beyusser diiringi nyanyian mantra neno-neno.

Apen Bayeren, sebuah atraksi jalan di atas bara batu. Merupakan salah satu tarian khas Biak Numfor yang lekat dengan unsur budaya juga unsur magis. DOK. Biak Nurmfor Apen Bayeren, sebuah atraksi jalan di atas bara batu. Merupakan salah satu tarian khas Biak Numfor yang lekat dengan unsur budaya juga unsur magis.

“Apen Beyeren ini menjadi fenomena luar biasa. Daya tariknya kuat. Jangankan wisatawan dari luar Biak atau Papua, warga di sini saja selalu penasaran. Mereka ingin mencobanya,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Biak Numfor Turbey Onny Dangeubun.

Tak hanya masyarakat, wisatawan bisa mencoba melewati bara batu. Namun sebelumnya ada ritual khusus yang dilakukan. Atraksi ini pun bisa Anda saksikan di Festival Biak Munara Wampasi.

***

Mau jalan-jalan gratis ke Jerman bareng 1 (satu) teman kamu? Ikuti kuis kerja sama Kompas.com dengan Scoot lewat kuis JELAJAH BERLIN. Ada 2 (dua) tiket pesawat PP ke Jerman, voucher penginapan, Berlin WelcomeCards, dan masih banyak lagi. Ikuti kuisnya di sini. Selamat mencoba!

Terimakasih telah membaca informasi dari kami tentang “Atraksi Berjalan di Atas Bara Batu, Tarian Khas Biak Numfor”. Informasi ini pernah diterbitkan di sini. Jangan sampai tidak baca informasi menarik lainnya ya.

Leave a Reply