Mau Punya Website? Mulai 50rb saja Anda sudah bisa punya website sendiri

Cara Membuat Gulai Iga Sapi

Kalau lebaran haji tuh stok di kulkas hampir penuh. Beberapa minggu juga gak bakal habis. Alhamdulillah banyak yang ngasih daging sapi atau domba. Kalau daging unta, pasti belum pernah ya karena saya tinggal di Indonesia. Paling banyak yang ngasih pastinya daging sapi. Kalau masalah daging sih mudah ya ngelolanya, mau disate, direndang atau digoreng biasa juga langsung bisa dimakan. Nah sekarang kalau dikasihnya tulang belulang gimana ceritanya. Sayakan mahluk pemakan daging, bukan pemakan tulang. Pete juga suka. hehe…

Daripada tulang belulang mubazir di feezer, nanya kanan kiri enaknya harus dibagaimanakan. Lama mikir ya… mending langsung saja putusin bikin gulai tulang. Daripada dibayangin mending langsung buat aja gulai tulang sapi. Bisa tulang paha, tulang kepala, tulang iga, dan tulang belulang lainnya.
Salah satu gulai terpopuler di dunia kuliner yaitu gulai iga sapi. Hampir tiap daerah ada yang jualan masakan iga sapi. Makanya dalam tulisan kali ini mau kasih cara bikin gulai iga sapi. Ayo siapin bahan-bahannya dulu.

Bahan-bahan gulai iga sapi
500 gr iga sapi
2 liter air
3 butir cengkeh
5 cm kayu manis
2 butir kapulaga
1 batang serai
3 lembar daun jeruk
1 cm lengkuas
1 cm jahe
1 liter santan
Gula secukupnya
Garam secukupnya
Minyak goreng

Cara Membuat Gulai Iga Sapi

Kalau bahan-bahannya sudah terkumpul, sekarang cari bumbu-bumbunya. Boleh beli di pasar, warung atau tukang sayur keliling. Kalau gak ada ya langsung saja ke pasar lebih komplit. Bumbu gulai iga sapi yaitu:
8 buah cabai merah (haluskan)
3 siung bawang putih (haluskan)
5 siung bawang merah (haluskan)
3 butir kemiri (haluskan)
2 sendok teh ketumbar (haluskan)
1 sendok teh lada (haluskan)
1/2 sendok teh jintan (haluskan)
1 cm kunyit (haluskan)

Ayo mulai memasak. Siapin dulu kompor gasnya. Periksa gasnya jangan sampai kehabisan. Kalau habis, beli dulu ya. Saya anggap udah siap kompornya, silakan nyalakan dulu. Taruh panci di atas kompor dan masukkan air yang sudah disiapkan buat merebus tulang iga. Rebus tulang iga hingga empuk.

Panaskan minyak dan tumis bumbu gulai iga sapi yang sudah dihaluskan hingga harum dan masukkan pula bahan bumbu lainnya seperti cengkeh, kayu manis, kapulaga, serai yang sudah dimemarkan, daun jeruk, lengkuas dan jahe yang sudah dimemarkan, gula dan garam berikan secukupnya dan terus aduk sampai merata.

Setelah bumbu telah siap, masukkan iga yang telah direbus pada bumbu yang sudah disiapkan tersebut dan aduk supaya bumbu meresap. Tambahkan santan sambil diaduk supaya santan tidak pecah sampai mendidih.

Masak sampai bumbu benar-benar meresap pada iga rebus. Setelahnya, gulai iga sapi siap dihidangkan.

Leave a Reply