Cara Memperbaiki Bacaan Al-Qur’an

Al-qur’an adalah bukan hanya sekedar kitab suci yang disucikan. Suci bukan berarti selalu dijaga agar tetap bersih dari debu. Suci ketika kita membacanya harus dalam keadaan suci. Suci karena sifatnya akan menyucikan hati bagi yang membacanya.

Al’qur’an bukan sekedar kitab ialah sebagai pedoman hidup manusia. Ia adalah surat dari Sang Penguasa jagat raya sebagai petunjuk jalan hidup hamba-Nya agar tidak tersesat di dunia. Allah SWT, betapa Dia sangat mencintai manusia. Allah SWT menciptakan manusia sebagai pengurus, pengatur alam ini namun Allah SWT tidak melepas begitu saja. Allah SWT menurunkan pedoman atau aturan main hidup di dunia melalui rasul Allah plus manusia pilihan itu dijadikan model bagi manusia lainnya. Model bahwa beliau adalah orang yang benar-benar menjalankan apa yang diturunkan kepadanya (wahyu). Model yang telah sukses menentramkan bumi dari masa galaunya. Sukses mensejahterakan manusia dan menghidupkan hatinya dari masa kehancuran.

Al-Qur’an, Ialah kitab suci sebagai pedoman hidup seluruh manusia. Bukan orang muslim pun jika melaksanakan apa yang ada di dalamnya insya Allah turut membantu mensejahterakan dunia. Namun bagi mereka hanya sebatas kehidupan sosial saja, tidak berdampak bagi kehidupannya setelah mati. Selanjutnya ketika setelah mati, terputuslah segala kenikmatan, kecuali mereka yang mengucapkan syahadatain (dua kalimat persaksian) sebelum ajalnya menghentikan denyut nadinya.

Bagi Muslim yang menjalankannya akan lebih besar efeknya baginya. Selain dapat mensejahterakan dunia, juga orang muslim akan memperoleh kebaikan di akhirat. Yaitu kenikmatan yang tidak pernah bisa manusia menggambarkannya. Yang mana kehidupan akhirat itu adalah kehidupan yang abadi (syurga akhirat). Itulah anugerah dari Allah SWT yang menjamin mereka akan mendapatkan syurga melalui surat-suratnya dalam Al-qur’an.

Baca Juga:  Sebab-Sebab Penyimpangan Terhadap Fitrah Manusia

Alangkah lebih elok jika Muslimin membacanya setiap hari ketika istirahat. Karena saat itu ketika Al-qur’an dibaca atau didengarkan akan menentramkan jiwa juga bernilai pahala. Sungguh mudah mendapatkan syurga dalam Islam. Tidak usah mengeluarkan uang banyak untuk membelinya. Surga dunia dan akhirat bisa didapatkan dengan mudah.

Tapi kali ini adalah membahas betapa pentingnya kita dekat dengan Al-qur’an, seperti sering membaca dan selalu mengamalkannya, menerapkan di kehidupan. Membaca, bukan membaca yang biasa. Membaca sambil memahami maknanya. Juga membaca harus sesuai dengan kaidah bacaannya. Maka dari itu marilah kita memperbaiki bacaannya.

Yuk bantu share. Semoga jadi amal jariyah dengan ikut berbagi ilmu bermanfaat ini. Aamiin.
Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Pin on Pinterest
Pinterest
Share on Tumblr
Tumblr
Share on LinkedIn
Linkedin
Rate this article!