Fakta tentang Manfaat Pare untuk Ibu Hamil

Belum banyak manfaat pare untuk ibu hamil yang diketahui dengan pasti. Meski rasanya pahit, pare memiliki banyak penggemar. Pare mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun pare tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil karena dicurigai dapat memicu pendarahan dan kelainan pada janin.

Di Indonesia, pare yang memiliki nama Latin ini biasa diolah dalam masakan atau dimakan sebagai lalapan. Pare yang juga sering disebut ‘paria’ dikenal sebagai tanaman herbal, karena buah, daun, bji, hingga akar pare memiliki manfaat dan bisa diolah sebagai obat tradisional.

Manfaat Pare

Sudah sejak lama pare dipercaya sebagai  yang bermanfaat bagi kesehatan. Buah yang dalam bahasa Inggris disebut ini memang kaya akan nutrisi. Pare mengandung vitamin A, , vitamin E, vitamin B1, B2, B3, dan folat. Selain itu, buah ini juga mengandung berbagai mineral, seperti , kalsium, kalium, seng, magnesium, dan fosfor. Tidak ketinggalan karbohidrat, antioksidan, dan serat.

Manfaat pare yang paling terkenal adalah menurunkan gula darah. Beberapa studi menunjukkan bahwa mengonsumsi pare dapat menurunkan gula darah dan kadar HbA1c (pemeriksaan untuk memantau kadar gula darah selama periode tertentu) pada penderita . Pare mengandung senyawa kimia yang berperan seperti insulin, sehingga dapat menurunkan gula. Akan tetapi, ada pula studi lain yang menyatakan bahwa pare tidak memiliki dampak signifikan sebagai pengobatan diabetes. Karena itu, manfaat pare yang satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Selain itu, pare juga diduga memiliki manfaat sebagai berikut:

Selain itu, pare juga dipercaya dapat mengatasi batu ginjal, psoriasis, dan abses kulit, serta luka. Namun data tersebut belum terkonfirmasi dengan penelitian yang akurat dan terpercaya.

Di balik manfaatnya, perlu juga diperhatikan jika konsumsi pare berlebihan dalam jangka panjang tidak disarankan. Bahan alami apa pun tidak selalu aman jika dikonsumsi berlebihan.

Keamanan Pare untuk Ibu Hamil

Pare memang dikenal bermanfaat, namun buah satu ini tidak disarankan dikonsumsi ibu hamil, baik diolah dalam masakan maupun dimakan langsung. Senyawa kimia dalam pare diduga dapat memicu perdarahan pada rahim sehingga menimbulkan . Ibu menyusui juga tidak disarankan mengonsumsi pare, karena zat aktif di dalamnya bisa ditransfer pada bayi melalui ASI.

Sejauh ini penelitian yang membahas bahaya dan untuk ibu hamil masih minimal. Jika ingin mengonsumsinya selama kehamilan, sebaiknya konsultasikan lebih dulu pada .

 

Leave a Reply