1090 E-Book GRATIS
DOWNLOAD

Game Android untuk Pendidikan Anak

Bermain game adalah hal yang biasa dilakukan untuk menghilangkan kejenuhan. Selain sebagai hiburan untuk menambah kesenangan, game juga bisa sekaligus menjadi media pembelajaran yang menunjang proses pendidikan.

Dengan kata lain, tidak semua game hanya diperuntukan untuk kesenangan saja. Game tersebut ada yang dibuat khusus untuk membantu mendidik anak atau remaja. Contohnya adalah Game Belajar Hijaiyah. Game ini bertujuan untuk mempermudah anak dalam mempelajari huruf hijaiyah. Karena dikemas dalam permainan maka membuat mereka senang belajar huruf arab dasar ini.

Contoh game berikutnya adalah Game Barbara’s Baby. Game ini berisi pendidikan yaitu tentang proses kelahiran hingga perawatannya. Game ini berguna untuk mereka agar mengetahui asal usul mereka. Cocok juga digunakan untuk simulasi dalam pelajaran biologi.

The Sims FreePlay juga tidak kalah menarik. Game ini dibuat untuk kalangan anak perempuan.

Pemainnya seperti nyata karena dapat melakukan berbagai hal yang disukai wanita yaitu mulai dari menata rumah, mengoleksi pakaian, menata rambut, bermake up, dan kegiatan lainnya yang disukai wanita, bahkan hingga menikah dan berumah tangga.
Pow, Si Alien Kentang juga bisa dijadikan referensi permainan. Permainan ini hampir mirip dengan tamagoci. Pemain ditugasi untuk membesarkan Pow dengan memberi makan, membersihkan dan memandikan, mengobati jika sakit, menidurkan jika sudah capek, mengajak main jika sedang sedih, ganti kostum, menghias rumah, mencari teman, dan lain-lain. Dalam permainan ini pemain harus mengumpulkan koin sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan peringkat dan umur. Selain itu koin tersebut bisa dipakai untuk membeli makan, minum, pakaian, rumah, kostum, kendaraan, taman, dan lain-lain. Selain itu dalam permainan POW ini terdapat banyak gamenya seperti mencetak goal, berenang, road cross, jumping, puzle, dan masih banyak lagi. Bisa dikatakan permainan ini komplet all in one.

Game Belajar Berhitung (baby flash card) juga baik untuk anak. Anak bisa belajar berhitung dengan mengasyikkan. Tentu orang tua akan senang apabila anaknya pandai menghitung. Apalagi masih di bawah lima tahun. Anak tersebut bisa menjadi kebanggaan bagi orang tuanya apabila pandai berhitung.

Selain game-game di atas, masih banyak lagi seperti Game Berlatih Mendengar yaitu Animal and Sound Matching yang ditujukan untuk pengenalan benda-benda. Game Belajar Menulis dan Berhitung Untuk Anak. Kids Preschool Puzzle Lite untuk mengenalkan nama benda kepada anak, dan masih banyak lagi.
Tentunya tidak selamanya permainan ini baik. Maka hendaknya sebagai orang tua pun harus membimbing anaknya. Tidak 100% membiarkan mereka terus bermain. Ada kalanya mereka harus melakukan aktivitas nyata. Dengan demikian kontrol dari orang tua sangat dibutuhkan.
Itulah beberapa referensi Game Android untuk Pendidikan Anak Laki-laki dan Perempuan yang insyaAllah bermanfaat. Saya harap referensi ini bisa membantu Anda. Apabila ada saran kami persilakan untuk menyampaikannya di halaman ini.
"Kita tidak pernah tahu bahwa ilmu dari link yang kita sebar mungkin dapat merubah hidup seseorang."

2 Comments

Leave a Reply