Ingin Pendidikan Sukses, Ikuti Cara Ini

Pendidik merupakan profesi yang mulia. Selain menambah ilmu juga dia akan mendapatkan keutamaan dari aktivitasnya. Bersyukurlah bagi Anda, kita semua menjadi pendidik. Melalui jalan ini kita bisa ikut serta dalam membagun generasi menjadi lebih baik. Selain itu kita yang mengajarkan Islam kepada murid berarti menjadi penerus pembawa ajaran Rasulullah yang telah dijamin baginya kebahagiaan di dunia dan di akhirat.
Tentunya kita semua menginginkan murid atau orang yang kita ajari dapat dengan mudah mendapatkan ilmu dengan baik seauai dengan yang diharapkan sehingga pendidikan tersebut dikatakan sukses oleh kita. Maka yang harus dilakukan oleh kita, yang pertama hendaklah kita mendo’akan orang yang kita didik. Perlu diketahui bahwa hanya Allah sajalah yqng mampu membolak-balikkan hati. Do’akanlah mereka agar Allah mudahkan bagi mereka menerima ilmu dan diliputi kebaikkan baginya.
Pendidik merupakan profesi yang mulia. Selain menambah ilmu juga dia akan mendapatkan keutamaan dari aktivitasnya. Bersyukurlah bagi Anda, kita semua menjadi pendidik. Melalui jalan ini kita bisa ikut serta dalam membagun generasi menjadi lebih baik. Selain itu kita yang mengajarkan Islam kepada murid berarti menjadi penerus pembawa ajaran Rasulullah yang telah dijamin baginya kebahagiaan di dunia dan di akhirat.  Tentunya kita semua menginginkan murid atau orang yang kita ajari dapat dengan mudah mendapatkan ilmu dengan baik seauai dengan yang diharapkan sehingga pendidikan tersebut dikatakan sukses oleh kita. Maka yang harus dilakukan oleh kita, yang pertama hendaklah kita mendo'akan orang yang kita didik. Perlu diketahui bahwa hanya Allah sajalah yqng mampu membolak-balikkan hati. Do'akanlah mereka agar Allah mudahkan bagi mereka menerima ilmu dan diliputi kebaikkan baginya.    Sebagai seorang pendidik sering kali meminta, menyuruh muridnya ini dan itu. Maka yang kita lakukan bukanlah demikian. Mulailah dari diri pendidik yang akan mengajarkan. Poin kedua adalah Jadilah qudwah, teladan terlebih dahulu. Berikanlah mereka contoh yang baik. Ketika kita akan menyuruh mereka misalnya shaum sunnah maka awali dari diri kita yang terlebih dahulu mengamalkannya. Sebab energinya akan berbeda dengan menyuruh tanpa memberikan contoh dari kita. Ibarat kita mengerjakan soal matematika tetapi melarang murid menggunakan kalkulator, tetapi sang guru malah menggunakan alat tersebut maka murid akan menganggap bahwa menggunakan kalkulator itu boleh. Sehingga dia tetap menggunakan kalkulator untuk menghitung, apapun alasan guru melarangnya menggunakan kalkulator.  Sering kita menemui murid yang membuat kita marah dan kesal karena kelakuannya. Sehingga yang ketiga, berkasih sayanglah terhadapnya. Tunjukkan bahwa kita sayang pada mereka. Teruslah mendoakan dia agar Allah membukakan hatinya dan meneranginya dengan ilmu.  Terkadang kita merasa lelah, merasa percuma terhadap yang telah dilakukan. Murid kita belum juga memiliki kemajuan dan perubahan positif walaupun menurut kita segala upaya sudah dilakukan maka poin keempat yaitu bersabarlah menghadapi mereka karena mereka adalah murid yang membutuhkan ilmu dan masih rendah pemahamannya.
Sebagai seorang pendidik sering kali meminta, menyuruh muridnya ini dan itu. Maka yang kita lakukan bukanlah demikian. Mulailah dari diri pendidik yang akan mengajarkan. Poin kedua adalah Jadilah qudwah, teladan terlebih dahulu. Berikanlah mereka contoh yang baik. Ketika kita akan menyuruh mereka misalnya shaum sunnah maka awali dari diri kita yang terlebih dahulu mengamalkannya. Sebab energinya akan berbeda dengan menyuruh tanpa memberikan contoh dari kita. Ibarat kita mengerjakan soal matematika tetapi melarang murid menggunakan kalkulator, tetapi sang guru malah menggunakan alat tersebut maka murid akan menganggap bahwa menggunakan kalkulator itu boleh. Sehingga dia tetap menggunakan kalkulator untuk menghitung, apapun alasan guru melarangnya menggunakan kalkulator.
Sering kita menemui murid yang membuat kita marah dan kesal karena kelakuannya. Sehingga yang ketiga, berkasih sayanglah terhadapnya. Tunjukkan bahwa kita sayang pada mereka. Teruslah mendoakan dia agar Allah membukakan hatinya dan meneranginya dengan ilmu.
Terkadang kita merasa lelah, merasa percuma terhadap yang telah dilakukan. Murid kita belum juga memiliki kemajuan dan perubahan positif walaupun menurut kita segala upaya sudah dilakukan maka poin keempat yaitu bersabarlah menghadapi mereka karena mereka adalah murid yang membutuhkan ilmu dan masih rendah pemahamannya.
Yuk bantu share. Semoga jadi amal jariyah dengan ikut berbagi ilmu bermanfaat ini. Aamiin.
Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Pin on Pinterest
Pinterest
Share on Tumblr
Tumblr
Share on LinkedIn
Linkedin

Leave a Reply