Mau Punya Website? Mulai 50rb saja Anda sudah bisa punya website sendiri

Ini Cara Berkunjung ke “Surganya” Karang Cantik TN Taka Bonerate

Pusatsemangat.com – “Ini Cara Berkunjung ke “Surganya” Karang Cantik TN Taka Bonerate”. Selamat menikmati info menarik dari kami. Jangan lewatkan untuk membaca informasi ini sampai selesai. Semoga dapat memberikan inspirasi.

BITUNG, KOMPAS.com – Bagi Anda yan suka dengan wisata laut, wajib berkunjung ke Taman Nasional (TN) Taka Bonerate, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. “Surga” bawah laut ini memiliki gugusan pulau karang terbesar ketiga di dunia. Soal ikan-ikannya jangan diragukan lagi.

TN Taka Bonerate berada di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Anda bisa menjangkaunya terlebih dahulu dari Makasar, ibukota Sulawesi Selatan, kemudian melanjutken perjaIanan ke kota utama di Kabupaten Kepulauan Selayar yakni Benteng via Kabupaten Bulukumba, dengan beberapa pilihan transportasi.

Berikut pilihan transportasi yang bisa digunakan:

1. Menggunakan Pesawat Terbang

Transportasi terbaru ini bisa Anda akses dari Bandara Sultan Hasanuddin (Makassar) menuju bandara H. Aeropala (Selayar). Armada yang digunakan ialah pesawat jenis ATR.

Baca juga: Ini Pilihan Wisata Favorit di Taman Nasional Taka Bonerate

Guna menghemat waktu, tersedia pesawat Sabang Merauke Air Charter yang melayani rute Makassar-Selayar. Anda bisa tiba di Bandara Aroepalla, Selayar, dalam waktu 40 menit.

Armada yang digunakan ialah jenis ATR72-600 berkapasitas 70 orang, yang dioperasikan oleh Trans Nusa, Wings Air, dan Garuda Indonesia.

2.   Menggunakan Bus Umum

Jika Anda memilih naik bus umum, dari Bandara Sultan Hasanuddin, Kota Makassar, menuju terminal Bus Mallengkeri, Makassar menggunakan taksi dengan biaya Rp 125.000.

Bus reguler tersedia di terminal Malengkeri Makassar menuju Benteng, Selayar, berangkat pukul 02.00 WITA dan 09.00 WITA ke pelabuhan Bira, Bulukumba dengan tiket Rp 150.000 per orang untuk bus ber AC, dengan waktu tempuh lima jam dengan istirahat.

Dari Pelabuhan Bira, Bulukumba, perjalanan dilanjutkan dengan menyeberang menggunakan Kapal feri selama dua jam ke Pelabuhan Pamatata, Selayar, perjalanan kemudian dilanjutkan menuju Kota Benteng, sekitar 1,5 – 2 jam.

3) Menggunakan Mobil Travel

Mode transportasi ini sama seperti menggunakan bus, tetapi untuk jadwal keberangkatan dari Makassar lazimnya pukul 03.00 WITA.

“Kalau ke sana (TN Taka Bonerate) bisa lewat dua jalur, lewat selayar ke utara, atau lewat tengah,” kata Asri, Humas dan Pusat Data Informasi TN Taka Bonerate saat ditemui di perayaan Hari Konservasi Nasional (HKAN) 2018 di Bitung, Kamis (30/8/2018).

Hiu-hiu kecil di pinggir pantai Pulau Tinabo yang terletak di Taman Nasional Taka Bonerate, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.Asri/TN Taka Bonerate Hiu-hiu kecil di pinggir pantai Pulau Tinabo yang terletak di Taman Nasional Taka Bonerate, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Berikut dua jalur yang direkomendasikan:

1.  Jalur Benteng-Tinabo

Setelah sampai di ibu kota Selayar, Benteng wisatawan akan melakukan perjalanan darat menuju pelabuhan paling selatan, Pelabuhan Pattumbukang sekitar 1,5 jam.

Dari pelabuhan itu Anda akan menyeberang dengan kapal kayu Jolloro sekitar 4,5 jam atau speedboat 1,5-2 jam, menuju pintu utara TN Taka Bonerate, yaitu Pulau Tinabo.

Pada jalur ini, wisatawan dapat menikmati wisata alam yang terdapat di Pulau Tinabo khususnya para penyelam disuguhkan spot-spot penyelaman di Pulau Tinabo, Latondu. Untuk wisata budaya Anda dapat mengunjungi Pulau Tarupa, Pulau Rajuni, dan Pulau Latondu.

2. Jalur Benteng-Jinato

Untuk jalur yang kedua ini Anda juga perlu melakukan perjalanan darat menuju pelabuhan paling selatan, Pelabuhan Pattumbukang sekitar 1,5 jam, sebelum menuju pintu barat TN Taka Bonerate.

Dari pelabuhan itu Anda akan melakukan perjalanan laut via barat Kepulauan Taka Bonerate, dengan kapal kayu Jolloro sekitar 4,5 jam atau speedboat 1,5-2 jam. Dengan jalur kedua ini Anda akan masuk lewat pintu barat TN, yaitu Pulau Jinato.

Lewat jalur ini, wisatawan dapat menikmati panorama alam yang terdapat di Pulau Jinato dan Pulau Lantigiang. Para penyelam akan disuguhkan spot-spot penyelaman. Untuk wisata budaya Anda dapat menyaksikan di Pulau Jinato, Pulau Pasitallu Timur, dan Pulau Pasitallu Tengah.

“Jalur kedua ini memang belum banyak yang pake, ga se rame jalur Tinabo. Spot-spotnya lumayan antimainstream,” pungkas Asri.

Terimakasih telah membaca informasi dari kami tentang “Ini Cara Berkunjung ke “Surganya” Karang Cantik TN Taka Bonerate”. Informasi ini pernah diterbitkan di sini. Jangan sampai tidak baca informasi menarik lainnya ya.

Leave a Reply