Kandungan Gizi Makanan Laut yang Baik untuk Kesehatan

0
52

Pusatsemangat.com – “Kandungan Gizi Makanan Laut yang Baik untuk Kesehatan”. Selamat menikmati info menarik dari kami. Jangan lewatkan untuk membaca informasi ini sampai selesai. Semoga dapat memberikan inspirasi.

Selain rasanya yang lezat, makanan laut atau boga bahari digemari karena mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Kandungan protein, asam lemak omega-3, serta vitamin dan mineral makanan laut terlalu penting untuk dilewatkan begitu saja.

dikenal sebagai sumber beragam nutrisi yang meliputi protein, asam amino, serta vitamin dan mineral. Boga bahari juga diketahui mengandung nutrisi fungsional yang tidak ada pada hewan yang hidup di darat. Komponen tersebut meliputi asam lemak omega-3, yaitu asam (EPA) dan asam (DHA), yang membantu dalam mencegah dan sumbatan pada pembuluh darah penyebab stroke dan serangan jantung.

Nutrisi Makanan Laut yang Tidak Boleh Dilewatkan

Berikut adalah kandungan nutrisi dari beragam makanan laut beserta manfaatnya:

Semua makanan laut, termasuk semua jenis , mengandung protein. Namun, tuna adalah jenis ikan dengan protein terbaik, karena mengandung rendah lemak dan kalori. Ikan salmon juga memiliki kandungan protein yang baik, di samping asam lemak omega-3 yang tinggi.

Ada tiga jenis omega-3 yaitu (ALA), EPA, dan DHA. EPA dan DHA adalah bentuk omega-3 yang banyak ditemui pada makanan laut, sedangkan ALA banyak ditemui pada tanaman, seperti . Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa omega-3 memiliki banyak manfaat untuk berbagai macam penyakit, antara lain kanker, asma, depresi, penyakit jantung, ADHD, dan .

EPA bersifat antiradang, sedangkan DHA memainkan peran penting dalam kesehatan otak dan perkembangan otak anak. DHA banyak digunakan untuk perawatan demensia, , dan ADHD. DHA juga bermanfaat untuk memperbaiki penglihatan, mencegah depresi, mencegah penyakit mata yang terkait faktor usia, misalnya degenerasi makula.

Waspada Merkuri pada Makanan Laut

Meskipun ikan dan makanan laut lainnya menyediakan banyak nutrisi, sebagian di antaranya memiliki kandungan merkuri yang tinggi dan harus dihindari terutama oleh wanita hamil dan anak-anak. Jenis makanan laut itu antara lain hiu, tongkol, ikan todak, marlin, kerapu, pari, dan kakap.

Jika tidak suka mengonsumsi makanan laut, Anda bisa mendapatkan kandungan nutrisi pada ikan dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan atau suplemen yang mengandung DHA. Meski baik untuk kesehatan, makanan laut tidak disarankan untuk dikonsumsi terlalu sering. Jumlah konsumsi yang disarankan yaitu cukup 2 – 3 porsi per minggu, ditambah asupan gizi lain dari buah, sayur, dan kacang-kacangan.

Terimakasih telah membaca informasi dari kami tentang “Kandungan Gizi Makanan Laut yang Baik untuk Kesehatan”. Informasi ini pernah diterbitkan di sini. Jangan sampai tidak baca informasi menarik lainnya ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here