Mau Punya Website? Mulai 50rb saja Anda sudah bisa punya website sendiri

Kapan Waktu Terbaik Mengunjungi Sumba?

Pusatsemangat.com – “Kapan Waktu Terbaik Mengunjungi Sumba?”. Selamat menikmati info menarik dari kami. Jangan lewatkan untuk membaca informasi ini sampai selesai. Semoga dapat memberikan inspirasi.

JAKARTA, KOMPAS.com – Berwisata ke Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur (NTT) ada dua pilihan musim yang dapat dipilih wisatawan. Dua musim ini menampilkan lanskap Sumba yang berbeda. 

Pertama pada musim kemarau, bukti sabana akan berubah menjadi warna kuning dan pohon-pohon meranggas.

Saat musim hujan tiba, pemandangan musim kemarau akan berbalik 180 derajat. Menampilkan pemandangan Sumba dengan sabana berumput hijau dan pohon-pohon yang penuh daun.

Baca juga: Cara Menuju Sumba dan Kisaran Harga Transportasi

“Dua-duanya sama bagus kak, tergantung mau pemandangan yang mana,” kata warga lokal, Oktavianus Ae Dudu saat KompasTravel mengunjungi Air Terjun Wai Marang yang menjadi bagian dari acara kunjungan KFC Indonesia dan Komunitas 1.000 Guru di Sumba, NTT, Jumat (17/8/2018).

Sumba saat musim kemarau, disebutkan oleh Ae memiliki pemandangan layaknya Afrika.

Baca juga: Air Terjung Wai Marang Sumba, Bagai Kolam Pemandian Bidadari

Sekilas mengingatkan akan negara fiktif Wakanda di film “Black Panther” besutan Marvel Studios.

Pengunjung berjalan di jembatan kayu Laguna Weekuri di Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, Rabu (15/8/2018).KOMPAS.com/SILVITA AGMASARI Pengunjung berjalan di jembatan kayu Laguna Weekuri di Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, Rabu (15/8/2018).

Musim kemarau di Sumba, menurut Ae, biasanya jatuh pada Mei sampai Juli. Pada Agutus mulai terjadi peralihan cuaca. Membuat cuaca Sumba di setiap kabupaten menjadi berbeda, ada yang cerah ada yang hujan gerimis.

“Kalau mau yang hijau-hijau itu dari dari Oktober sampai November,” jelas Ae.

Musim hujan di Sumba bisa mencapai hingga Maret.

Namun Ae mengingatkan jika ke Sumba ingin menikmati pemandangan matahari tenggelam atau terbenam, lebih baik memilih musim kemarau.

“Sumba ini kan terkenal sunset, sunrise, sama milky way-nya kak. Jadi lebih baik kalau langitnya cerah,” tambah Ae.

Terimakasih telah membaca informasi dari kami tentang “Kapan Waktu Terbaik Mengunjungi Sumba?”. Informasi ini pernah diterbitkan di sini. Jangan sampai tidak baca informasi menarik lainnya ya.

Leave a Reply