Kebun di Pinggir WKO Sragen Saat ini “Disulap” Jadi Destinasi Wisata Alam

0
4

Pusatsemangat.com – “Kebun di Pinggir WKO Sragen Saat ini “Disulap” Jadi Destinasi Wisata Alam”. Selamat menikmati info menarik dari kami. Jangan lewatkan untuk membaca informasi ini sampai selesai. Semoga bisa berikan inspirasi.

SRAGEN, KOMPAS.com – Kebun yang penuh dengan rumput liar dan pepohonan “disulap” menjadi sebuah objek wisata baru di RT 027 Dusun Boyolayar, Desa Ngargosari, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Obyek wisata yang diberi nama “Wisata Alam dan Bumi Perkemahan Sukowati” ini terletak di pinggir Waduk Kedung Ombo (WKO) Sragen. Di sini pengunjung bisa menikmati pemandangan alam di sekitar waduk.

Kawasan ini pula dilengkapi beberapa gazebo yang dapat digunakan sebagai tempat beristirahat, perahu wisata, sarang ayam raksasa, dan spot foto yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berswafoto (selfie).

Baca pula: Wisata Alam Seru di Kendal, Meluncur di Saluran Irigasi

Obyek wisata ini bisa ditempuh dengan jarak 32 kilometer atau sekitar 1 jam 11 menit dari Kota Solo. Akses transportasi menuju tempat wisata pula sangat gampang. Pengunjung akan disambut papan kayu bertulisan “Sugeng Rawuh” yang terpasang di pintu masuk obyek wisata.

Obyek wisata ini diciptakan oleh pemuda karang taruna “Tunas Muda” Dusun Boyolayar, Kecamatan Sumberlawan, Kabupaten Sragen pada Juni lalu. Sudah tak sedikit pengunjung yang datang ke obyek wisata alam ini.

Baca pula: Apa Saja yang Bisa Dinikmati di Wisata Alam Telaga Rawa Gede Bogor?

Perwakilan karang taruna “Tunas Muda” Boyolayar, Nur Yanto (25) mengatakan, obyek wisata alam ini ramai dikunjungi pengunjung pada waktu sore hari. Mereka ingin berburu keindahan pesona matahari terbenam (sunset).

“Tak sedikit pengunjung yang datang ke sini pada sore hari. Mereka ingin melihat sunset,” kata Yanto, Jumat (20/7/2018).

Obyek wisata ini dapat menjadi alternatif pilihan pengunjung pasca-ditutupnya wisata WKO untuk umum. Justru pengunjung yang datang ke WKO bisa menikmati suasana obyek wisata alam baru. Pengunjung yang datang tak dipungut harga alias gratis.

“Tak dipungut harga. Tapi ada pengunjung yang berikan uang secara sukarela,” kata dia.

Yanto mengungkap, obyek wisata alam dan perkemahan ini dibuat atas kerja sama antara pemuda dengan warga desa. Mereka menggunakan dana kas karang taruna dan donatur dari warga.

Suasana obyek wisata alam dan perkemahan Sukowati pada waktu sore hari di pinggir WKO Dusun Boyolayar, Desa Ngargosari, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Suasana obyek wisata alam dan perkemahan Sukowati pada waktu sore hari di pinggir WKO Dusun Boyolayar, Desa Ngargosari, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Sementara Ketua RT 027 Dusun Boyolayar, Harwito menambahkan, obyek wisata tersebut adalah bentuk kreativitas pemuda desa. Ia mengapresiasi hasil karya karang taruna menciptakan obyek wisata baru di Boyolayar.

“Kami bangga dengan kreativitas anak muda kini. Keberadaan obyek wisata ini nantinya bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Dusun Boyolayar, Sragen,” ungkap Harwito.

Harwito menambahkan, area obyek wisata ini ke depan akan terus ditingkatkan sehingga terlihat lebih luas. Ketika ini obyek wisata alam dan perkemahan dibuat di atas lahan sekitar 0,5 hektare.

“Boyolayar ini adalah dusun terpencil di Sragen. Keberadaan obyek wisata alam yang dibuat pemuda pasti akan mengangkat nama Boyolayar,” katanya.

Terimakasih telah membaca informasi dari kami tentang “Kebun di Pinggir WKO Sragen Saat ini “Disulap” Jadi Destinasi Wisata Alam”. Informasi ini pernah diterbitkan di sini. Jangan sampai tak baca informasi menarik lainnya ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here