Konsultasi Penyakit Dalam, Ini Yang Harus Anda Ketahui

Konsultasi penyakit dalam adalah prosedur pemeriksaan yang dilakukan untuk memeriksa kondisi dan gangguan pada organ bagian dalam tubuh, serta mendiagnosis penyakit dalam yang mungkin diderita pasien. Hasil konsultasi nantinya akan digunakan untuk menentukan dan merencanakan jenis pengobatan yang sesuai dengan kondisi pasien.

Penyakit dalam adalah spesialisasi kedokteran yang berhubungan dengan berbagai jenis kondisi medis atau penyakit yang memengaruhi kinerja dan fungsi organ bagian dalam pada tubuh manusia. Dokter yang secara khusus menangani penyakit dalam disebut (Sp.PD) atau internis. Tujuan utama dari konsultasi penyakit dalam adalah untuk mendiagnosis, mengobati, dan mencegah berbagai jenis penyakit dalam.

Berikut ini adalah beberapa pembagian (subspesialisasi) dari cabang ilmu penyakit dalam, dan contoh jenis penyakit yang ditangani:

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum pasien melakukan konsultasi penyakit dalam. Tindakan ini penting dilakukan untuk mempermudah proses pemeriksaan dan diagnosis pasien oleh dokter spesialis penyakit dalam. Hal-hal tersebut meliputi:

Ada beberapa jenis pemeriksaan yang dilakukan selama pasien menjalani . Jenis pemeriksaan tersebut meliputi:

Setelah pasien menjalani konsultasi dan pemeriksaan, dokter spesialis penyakit dalam akan meninjau hasil pemeriksaan, hasil laboratorium, dan hasil pemeriksaan penunjang yang mungkin dilakukan. Dari seluruh tes tersebut, dokter spesialis akan memperoleh keputusan, yaitu:

Leave a Reply