Kumpulan Novel Karya Andrea Hirata

Andrea Hirata terlahir dengan nama Aqil Barraq Badruddin Seman Said Harun (lahir di Belitung, 24 Oktober 1976; umur 38 tahun) ialah novelis yang telah merevolusi sastra Indonesia. Ia berasal dari Pulau Belitung, provinsi Bangka Belitung.

Segera DAFTAR

Kelas Novel Online bersama Asma Nadia

Berlangsung 4 hari di Telegram

Penyelenggara KMO Indonesia

Info Lengkap dan Cara Daftar


Meskipun studi mayor yang diambil Andrea ialah ekonomi, ia amat menggemari sains–fisika, kimia, biologi, astronomi dan sastra. Andrea lebih mengidentikkan dirinya sebagai seorang akademisi dan backpacker. Sedang mengejar mimpinya yang lain untuk tinggal di Kye Gompa, desa di Himalaya.

Andrea memperoleh beasiswa program master di Universitas Sheffield Hallam, Britania Raya. Tesis Andrea di bidang ekonomi telekomunikasi memperoleh penghargaan dari universitas tersebut dan ia lulus cum laude. Tesis itu telah diadaptasikan ke dalam Bahasa Indonesia dan adalah buku teori ekonomi telekomunikasi pertama yang ditulis oleh orang Indonesia. Buku itu telah beredar sebagai referensi ilmiah.

Kumpulan Novel Karya Andrea Hirata

Pada tahun 1997, Andrea Hirata resmi menjadi pegawai PT Telkom. Niatnya untuk menuliskan pengabdian sang inspiratornya kembali membuncah manakala dia menjadi relawan untuk korban tsunami di Aceh. Saat dia melihat hunian, sekolah, dan berbagai bangunan yang ambruk, memorinya akan masa kecilnya dan pasti saja, Bu Mus memantapkan hatinya untuk menuliskan perjuangan guru tercintanya itu ke dalam sebuah karya sastra. Kemudian,  Andrea Hirata berhasil membuat novel Laskar Pelangi hanya dalam waktu tiga minggu.

Namanya makin melejit seiring kesuksesan novel pertamanya, LASKAR PELANGI. Novel tersebut kemudian jadi best seller. Selain LASKAR PELANGI, ia pula menulis SANG PEMIMPI dan EDENSOR, serta MARYAMAH KARPOV. Keempat novel tersebut tergabung dalam tetralogi.
Berikut ini ialah Novel karya Andrea Hirata:

  • 2005 – Laskar Pelangi
  • 2006 – Sang Pemimpi
  • 2007 – Edensor
  • 2008 – Maryamah Karpov
  • 2010 – Padang Bulan & Cinta di Dalam Gelas
  • 2011 – Sebelas Patriot
  • 2012 – Laskar Pelangi Song Book
  • Yuk bantu share. Semoga jadi amal jariyah dengan ikut berbagi ilmu bermanfaat ini. Aamiin.
    Share on Facebook
    Facebook
    Share on Google+
    Google+
    Tweet about this on Twitter
    Twitter
    Pin on Pinterest
    Pinterest
    Share on Tumblr
    Tumblr
    Share on LinkedIn
    Linkedin

    Leave a Reply