Mau Punya Website? Mulai 50rb saja Anda sudah bisa punya website sendiri

Manfaat Nyamuk

Nyamuk sejenis serangga yang berkembangbiak dengan cara bertelur. Nyamuk dalam proses perkembangbiakannya mengalami masa metamorfosis. Seperti serangga pada umumnya, nyamuk berkembang dan mengalami perubahan bentuk sebagai tanda proses metamorfosis.

Nyamuk dewasa yang sudah siap berkembangbiak dengan instingnya, nyamuk jantan berusaha menarik perhatian nyamuk betina dengan gerakan terbang seperti menari di udara yang diiringi suara dengungan seolah sedang melantunkan lagu untuk menarik perhatian nyamuk betina.

Perjuangan keras pun terjadi. Banyak saingan nyamuk pejantan lain juga berlomba menarik perhatian nyamuk betina. Jadi nyamuk jantan pun terkadang melakukan pertarungan sengit dengan nyamuk pejantan lain memperebutkan perhatian nyamuk betina.

Ketika sekian lama berusaha menarik betina, akan ada nyamuk betina yang mendekat dan memilih nyamuk jantan yang dianggap cocok. Setelah nyamuk jantan dan nyamuk betina saling suka maka sebagai tanda kekuasaan Allah, serangga ini pun denan instingnya akan melakukan proses perkembangbiakan diawali dengan proses perkawinan.

Setelah perkawinan berlangsung, nyamuk betina mencari nektar untuk menghidupi calon telurnya. Nyamuk betina harus menghisap darah untuk lebih membantu perkembangbiakannya. Jadi pada dasarnya makanan nyamuk adalah nektar yang berasal dari tumbuhan. Namun karena kebutuhan untuk membantu perkembangbiakan, nyamuk harus menggunakan darah.

Nyamuk betina mencari permukaan air yang tenang, mencari daun mati yang masih menggantung di pohon, atau pakaian yang menggantung di balik pintu atau menggantung di tembok karena dianggap menyerupai daun yang menggantung pada pohon sebagai tempat bersarang. Ditempat tersebut, nyamuk betina menyimpan telurnya.

Saat musim hujan, jumlah genangan air pasti banyak. Maka pantas jika jumlah nyamuk banyak saat itu.

Perkembangbiakan nyamuk berlangsung cepat dari telur, jentik, kepompong, hingga menjadi nyamuk dewasa. Saat menjadi nyamuk dewasa akan melakukan perbuatan seperti yang dilakukan induknya. Begitu dan seterusnya nyamuk akan melakukan siklus yang sama.

Sampai saat ini belum ada yang mengungkapkan manfaat nyamuk. Namun dari sisi ilmu, nyamuk dapat diambil manfaatnya. Nyamuk memang menjengkelkan tetapi nyamuk bisa menjadi obat ketika kesepian. Nyamuk biasa diambil sebagai sumber motivasi. Nyamuk hidupnya singkat tetapi tetap berusaha melestarikan jenisnya meski nyawa taruhannya. Nyamuk ditepak, disemprot hingga mati. Tetapi nyamuk tidak berhenti mempertahankan hidupnya.

Lihatlah nyamuk yang kecil itu, bagaimana penciptaannya. Mahluk sekecil itu bisa terbang dengan seimbang. Bandingkan dengan pesawat buatan manusia yang sering jatuh. Allah ciptakan nyamuk agar manusia berpikir.

Nyamuk bisa membuat orang menjadi kaya. Bermunculan produk anti nyamuk. Omzetnya pasti besar mengingat banyak orang yang tidak mau hidupnya diganggu oleh nyamuk. Saya juga memakai produk pengusir nyamuk.

Nyamuk pun ada manfaatnya jika kita berpikir positif dan mau mengambil hikmahnya. Yang Allah ciptakan pasti ada manfaatnya. Mari kita renungkan.

Leave a Reply