Mata Silinder dan Cara Mengobatinya

In Kesehatan 21 views

Hi Sahabat. Kali ini akan dibahas materi tentang Mata Silinder dan Cara Mengobatinya. Selamat membaca dan selamat beraktivitas

Mata silinder mempunyai istilah medis astigmatism. Istilah itu mengacu pada kondisi mata yang mengalami penglihatan kabur dan berbayang karena bentuk kornea atau lensa mata tak cembung sempurna.

Tanda dan gejala paling umum yang dirasakan penderita mata silinder yaitu penglihatan kabur atau berbayang. Penderita menjadi sering memicingkan mata ketika melihat jauh maupun dekat. Selain itu, penderita biasanya mengeluh kesukaran membaca tulisan yang kecil. Sakit kepala, mata tegang, dan lelah setelah membaca atau memakai komputer yaitu beberapa keluhan yang mungkin muncul jika kondisi ini tak diobati. Pada gangguan mata silinder yang ringan, gangguan penglihatan mungkin tak terjadi secara signifikan.

mata silinder dan cara mengobatinya - alodokter

Sayangnya, jika mata silinder diderita oleh anak-anak, mereka kemungkinan besar  tidak akan menyadarinya. Hal ini mungkin terjadi karena pengetahuan anak-anak mengenai suatu benda belum sempurna. Pada anak-anak, gejala mata silinder dapat berupa sulitnya mereka fokus pada tulisan yang tercetak dalam buku mereka. Mereka pula mungkin akan mengalami sakit kepala, kelelahan, dan ketegangan pada mata.

Mata mempunyai beberapa komponen kunci agar bisa melihat dengan baik. Salah satunya yaitu sistem optik mata yang terdiri dari kornea dan lensa. Keduanya bahu-membahu untuk membuat cahaya masuk terfokus membentuk gambar yang sempurna di retina.

Pada penderita mata silinder, kornea mengalami ketidaksempurnaan bentuk. Kornea seharusnya mempunyai bentuk cembungan yang sempurna, menyerupai lengkungan pada bola. Pada mata silinder, cembungan bola mata menyerupai bola rugbi. Ketidaksempurnaan cembungan pada lensa pula bisa menyebabkan mata silinder.

Ketika cembungan yang terbentuk tak sempurna alias tak rata, maka mata silinder otomatis akan diderita. Sebab, cahaya yang masuk dari kornea tak difokuskan pada satu titik di retina sehingga membuat penglihatan kabur.

Selain kecacatan bentuk yang biasanya sudah didapat sejak lahir, beberapa kondisi berikut bisa menyebabkan mata silinder.

Cara-cara berikut bisa dipakai dalam rangka memperbaiki penglihatan yang terganggu akibat mata silinder.

Dengan menggunakan lensa yang didesain khusus, kacamata yaitu cara paling mudah untuk mengoreksi penglihatan kabur atau berbayang akibat mata silinder.

Prinsip lensa kontak sebenarnya sama dengan kacamata. Pemilihan yang tepat antara kacamata atau lensa kontak sangat tergantung pada selera penderita. Agar tak salah pilih, pastikan berkonsultasi dengan .

Melalui prosedur ini, bentuk kornea diubah dengan laser. Awalnya lapisan permukaan kornea dibuka () menggunakan alat khusus yang disebut keratom. Selanjutnya laser digunakan untuk mengubah bentuk lapisan kornea di bawah lapisan yang dibuka tadi. kemudian ditutup kembali.

Prosedur ini hampir sama dengan LASIK, namun dibuat lebih tipis, hanya setebal lapisan epitel.

Melalui prosedur PRK ini, lapisan epitel dihilangkan tanpa membuat Setelah operasi LASIK dan LASEK ditemukan, maka prosedur ini jarang digunakan.

Jika Anda terkena mata silinder dan ingin memperbaikinya, konsultasikan dengan dokter untuk menentukan prosedur mana yang sesuai dengan kondisi Anda dan ingin ditempuh.

Terimakasih, Anda baru saja membaca artikel Mata Silinder dan Cara Mengobatinya. Anda boleh bagikan jika artikel ini bermanfaat.

Benarkah Usia Memengaruhi Kesuburan Wanita? Ini Faktanya
Benarkah Usia Memengaruhi Kesuburan Wanita? Ini Faktanya
Wanita tidak jarang diperingatkan untuk tidak menunda
Yuk, Pelajari Cara Pijat Bayi yang Benar
Yuk, Pelajari Cara Pijat Bayi yang Benar
Pijatan hangat dari tangan Anda dapat memberi
Bayi Butuh Imunisasi BCG Untuk Apa?
Imunisasi BCG merupakan salah satu imunisasi yang
Makan Sembarangan Saat Hamil, Hati-hati Bahaya Listeriosis
Makan Sembarangan Saat Hamil, Hati-hati Bahaya Listeriosis
Ibu hamil, alias bumil, sebaiknya berhati-hati mengonsumsi
Apakah Vasektomi Bisa Memengaruhi Performa Seks?
Apakah Vasektomi Bisa Memengaruhi Performa Seks?
Sebagai salah satu metode kontrasepsi, vasektomi pada
Temukan Manfaat Buah Naga yang Sarat Nutrisi
Temukan Manfaat Buah Naga yang Sarat Nutrisi
Jika Anda mencari buah yang terasa manis,
Mitos dan Fakta Pil KB, Cari Tahu Kebenarannya di Sini
Mitos dan Fakta Pil KB, Cari Tahu Kebenarannya di Sini
Benarkah berat badan naik karena minum pil
Mengatasi Keringat yang Menyebabkan Bau Badan dengan Deodoran
Mengatasi Keringat yang Menyebabkan Bau Badan dengan Deodoran
Penggunaan deodoran menjadi bagian penting dalam mencegah
Cermat Memilih Produk Pembersih Bayi yang Lembut dan Bebas Iritasi
Cermat Memilih Produk Pembersih Bayi yang Lembut dan Bebas Iritasi
Rutinitas memandikan Si Kecil memang sangat menyenangkan.
Merawat Kulit Tetap Sehat Setelah Pengobatan Kemoterapi
Pengobatan kemoterapi merupakan salah satu pengobatan yang

Leave a reply "Mata Silinder dan Cara Mengobatinya"

Must read×

Top