Mempersiapkan Kakak Menyambut Kelahiran Adik Bayi


Kehadiran adik bayi pastinya bisa menambah keceriaan di keluarga. Namun, sepertinya hal itu belum tentu berlaku bagi si kakaknya. Si Kakak mungkin akan merasa kurang diperhatikan hingga memicu kecemburuan atau bahkan rasa benci pada adiknya. Simak tips mempersiapkan kakak menyambut hadirnya adik bayi sebagai keluarga barunya.

Penting bagi Anda mempersiapkan Si Kakak, terutama yang masih berusia di bawah 8 tahun, agar bisa menerima kehadiran adik bayi dengan antusias dan senang hati. Jika Si Kakak masih berusia di bawah 2 tahun, biasanya dia belum paham arti memiliki saudara. Berbeda jika Si Kakak telah berusia 2 tahun ke atas. Anak-anak pada usia tersebut mungkin sudah bisa merasa cemburu jika melihat Anda memerhatikan anak lain selain dirinya.

ajari si sulung untuk menyayangi adik bayi - alodokter

Jika si Sulung masih berusia di bawah 2 tahun, biasanya dia belum paham arti memiliki seorang saudara. Berbeda jika si Sulung telah berusia 2 tahun ke atas. Anak-anak pada usia tersebut mungkin sudah bisa merasa cemburu jika melihat Anda memerhatikan anak lain selain dirinya.

Untuk mengantisipasinya, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan kepada si Sulung.

Perkenalkan Kakak kepada Adiknya Sedini Mungkin

Setelah mengetahui bahwa Anda positif , kabarkan berita bahagia ini kepada anak pertama Anda.

Biasakan Si Sulung Bertemu dengan Bayi

Terbiasa menjadi anak tunggal, mungkin membuat Si Kakak belum terbiasa berada di sekitar anak lain yang lebih muda darinya, atau melihat Anda menggendong bayi lain. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membiasakan buah hati Anda bercengkerama dengan bayi dan membuatnya menerima kehadiran adik bayi nanti, seperti:

Tapi ingat, Anda jangan berekspektasi lebih. Mungkin Si Sulung akan mengeluarkan reaksi yang tidak Anda harapkan, seperti menolak bermain bersama mereka, menangis ketika melihat Anda menggendong bayi lain, berebut mainan, atau bahkan berbuat kasar pada bayi lainnya. Jika sudah seperti itu, lebih baik jangan dipaksakan, daripada dia menyimpan kesan yang negatif tentang memiliki seorang adik bayi. Anda bisa coba memperkenalkannya lain waktu secara perlahan-lahan. Selama proses ini, tunjukkan bahwa Anda masih bisa memperhatikan dirinya, meski sedang menggendong bayi lain.

Hal ini juga bisa Anda lakukan untuk mengajarinya bahwa dahulu dia pernah juga menjadi seorang bayi. Anda bisa mengatakan, “Kira-kira, rambut adik bayi akan sepertimu atau tidak ya?”

Jika Anak pertama Anda menunjukkan respons positif tentang adiknya, Anda bisa mengajaknya ketika Anda memeriksakan kandungan. Pada saat memantau kondisi Anda dan janin dengan USG, dokter dapat menjelaskan tentang kondisi adik bayi di dalam kandungan kepadanya. Setelah di rumah, Anda bisa mengajak Si Sulung untuk membantu memberi nama untuk adiknya jika dia berminat.

Libatkan Si Sulung saat Mempersiapkan Kebutuhan Bayi

Meminta bantuannya untuk menyiapkan segala keperluan bayi bisa membuat Si Sulung merasa menjadi bagian dari keluarga, sekaligus dapat mengurangi rasa cemburu.

Saat Adik Bayi Lahir

Ketika saat yang dinanti akhirnya tiba, justru Anda harus memberi perhatian ekstra untuk Si Sulung. Meski masih mengalami sakit pasca melahirkan, sebisa mungkin tampilkan wajah bahagia saat Si Sulung datang.

Saat si Sulung Mulai Mencari-cari Perhatian

Ada kalanya Si Sulung akan mencari perhatian dengan sengaja melanggar aturan. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan, antara lain:

Memang tidak mudah memberikan perhatian yang sama kepada dua anak dalam waktu yang bersamaan. Tidak bisa dipungkiri juga bahwa perhatian Anda saat ini mungkin lebih besar tertuju kepada adik bayi. Jika Si Kakak belum bisa memahami keadaan tersebut, Anda bisa menasihatinya seperti, “Kakak tidak boleh cemburu atau iri jika melihat ibu atau ayah memberikan perhatian lebih kepada adik. Adik bayi butuh perhatian lebih karena dia belum bisa melakukan sesuatu sendiri. Berbeda dengan kakak yang kini sudah tumbuh besar.”

Jangan lupa untuk selalu memberikan pujian dan tanamkan pada pikirannya bahwa dia sudah menjadi seorang kakak dan telah tumbuh besar. Selalu ajak Si Sulung untuk membantu Anda saat merawat adik bayinya, sehingga dia tidak merasa diabaikan.

Leave a Reply