Mencegah Bibir Kering

0
33

Memiliki bibir kering tidak hanya mengganggu penampilan dan juga senyuman, tapi juga bisa menyebabkan rasa sakit dan perih pada bibir Anda. Kenali berbagai penyebab bibir kering dan cara mudah untuk mencegah kondisi ini.

atau pecah-pecah adalah hal yang sangat umum terjadi. Tidak seperti bagian tubuh yang lainnya, kulit di bibir tidak memiliki kelenjar minyak atau , yang menyebabkan bibir tidak dapat melumasi dirinya sendiri secara alami. Selain itu, kulit di bibir tidak memiliki melanin, sehingga tidak mendapatkan perlindungan dari sinar matahari. Hal inilah yang menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Namun jangan khawatir, masalah bibir kering bisa diatasi dengan mudah, asalkan Anda tahu apa penyebab dan cara mengatasinya.

selamatkan senyum anda - alodokter

Umumnya, bibir kering sering terjadi akibat dari cuaca yang terlalu dingin, kering, atau berangin. Terlalu sering terpajan oleh sinar matahari juga dapat menyebabkan bibir menjadi kering. Udara di dalam ruangan yang memiliki kelembapan rendah juga dapat membuat kulit bibir menjadi cepat kering. Kebiasaan dan kondisi tertentu seperti dan malnutrisi juga bisa memicu bibir kering dan pecah-pecah.

Tidak hanya itu, bibir kering ternyata juga dapat disebabkan oleh kosmetik. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut cheilitis. Cheilitis adalah kondisi bibir pecah-pecah yang disebabkan oleh peradangan. Biasanya, wanita lebih sering mengalami bibir kering dan pecah-pecah ini, dibanding dengan kaum pria. Kosmetik bibir, seperti lipstik, adalah sumber pemicu timbulnya kondisi ini. Selain lipstik, pasta gigi juga dapat memicu timbulnya bibir kering.

Kendati menjengkelkan, bibir kering bisa dicegah dan diobati. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan, di antaranya:

Setelah mengetahui penyebab bibir kering, Anda dapat mengikuti beberapa cara di atas untuk mencegahnya. Hal ini dimaksudkan agar dapat memperoleh senyuman yang indah dengan penampilan bibir yang lembut dan sehat.

Jika setelah melakukan beberapa cara pencegahan dan pengobatan namun bibir kering tetap terjadi, ada baiknya segera konsultasikan keadaan Anda pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here