Mencicipi Rujak Unik khas Cirebon, Pelepas Dahaga di Siang Hari

0
57

Pusatsemangat.com – “Mencicipi Rujak Unik khas Cirebon, Pelepas Dahaga di Siang Hari”. Selamat menikmati info menarik dari kami. Jangan lewatkan untuk membaca informasi ini sampai selesai. Semoga dapat memberikan inspirasi.

CIREBON, KOMPAS.com – Kota Cirebon juga punya rujak khas. Namun bukan menggunakan saus kacang ulek seperti rujak pada umumnya.

Rujak khas Cirebon yang bernama rujak donggala lebih mirip asinan. Di dalamnya merupakan campuran manisan buah dan asinan sayuran.

Aneka manisan buah seperti kedondong, pepaya muda, mangga muda, dan bengkuang menjadi isian utamanya.

Rujak donggala juga dilengkapi sayuran seperti sawi asin, kol, tauge, mentimun. Menambah lengkap serat yang terkandung.

Semua buah dijadikan manisan terlebih dahulu, dengan cara direndam air gula. Sedangkan sayuran dibuat menjadi asinan, dengan direndam air garam dan air kelapa.

Keduanya diguyur air gula merah sebagai kuahnya. Lalu ditaburi kacang goreng dan bubuk cabai sebagai pelengkap.

Salah satu penjual rujak donggala cirebon di Pasar Kanoman, Minggu (17/6/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Salah satu penjual rujak donggala cirebon di Pasar Kanoman, Minggu (17/6/2018).

Jika asinan bogor menggunakan cuka cabai sehingga berwarna merah, asinan cirebon berwarna cokelat karena hanya menggunakan gula merah.

KompasTravel sempat mencicipi kuliner unik ini di Rujak Donggala Ibu Sriningsih, di Jalan Winaon, Pasar Kanoman, tepat samping Klenteng Boen San Tong, Minggu (17/6/2018).

Rujak donggala di sini terasa manis bercampur pedas tipis dan sangat menyegarkan di tengah teriknya Kota Cirebon. Sayur kol terasa asin saat di kunyah, tetapi pepaya dan kedondong mengimbanginya dengan rasa manis.

“Daun kol asinnya ini dicuci dengan garam dan direndam dalam air kelapa agar gurih, menutupi rasa pahitnya,” kata Dini, pewaris generasi ketiga usaha rujak neneknya kepada KompasTravel, Minggu (17/6/2018).

Baca juga: Mudik Lewat Cirebon, ini 6 Tempat Beli Oleh-oleh Khasnya

Sayangnya saat itu kedondong sedang tidak terlalu baik hasil panennya, sehingga ada rasa pahit tipis di akhir buahnya.

Jika kuah asinan terasa kurang pedas, Anda bisa menaburkan bubuk cabai di atasnya sebagai pelengkap.

Segarnya asinan khas ini bisa Anda dapatkan di beberapa pasar tradisional Cirebon. Salah satunya Pasar Pagi dan Pasar Kanoman. Rujak Donggala Ibu Sriningsih buka mulai 09.00-20.00 WIB.

Satu porsinya Rp 8.000, sama dengan porsi semangkuk bakso. Anda juga bisa membawa pulang sebagai oleh-oleh, karena awet hingga dua hari di luar lemari pendingin.

Terimakasih telah membaca informasi dari kami tentang “Mencicipi Rujak Unik khas Cirebon, Pelepas Dahaga di Siang Hari”. Informasi ini pernah diterbitkan di sini. Jangan sampai tidak baca informasi menarik lainnya ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here