Obat Pilek Bayi Tidak Diperlukan Si Kecil untuk Sembuh dari Flu

0
45

Pusatsemangat.com – “Obat Pilek Bayi Tidak Diperlukan Si Kecil untuk Sembuh dari Flu”. Selamat menikmati info menarik dari kami. Jangan lewatkan untuk membaca informasi ini sampai selesai. Semoga dapat memberikan inspirasi.

Saat bayi terinfeksi virus influenza dan menyebabkannya terkena flu, biasanya orang tua atau pengasuh bayi akan langsung panik menghadapinya. Obat pilek bayi kemudian dijadikan solusi praktis untuk menghentikan penderitaan Si Kecil.

Meski memang terdorong oleh niat baik, sayangnya pemberian bukan pilihan yang direkomendasikan. Apalagi jika obat tersebut merupakan obat pilek yang dijual bebas di pasaran. Bagi bayi, terutama yang berusia dua tahun ke bawah, obat dapat memberikan efek samping yang serius. Tidak tanggung-tanggung, nyawa bayi menjadi taruhannya.

obat pilek bayi tidak diperlukan si kecil untuk sembuh dari flu - alodokter

Pada bayi yang mengalami flu dan demam, masih diperbolehkan diberi obat penurun panas. Sebenarnya, demam ringan pada bayi merupakan tanda bahwa tubuh Si Kecil sedang berusaha untuk melawan virus.

Pemberian obat pereda nyeri, seperti , dilakukan agar bayi terhindar dari ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh demam. Namun, jangan berharap bahwa flu akan sembuh karena obat penurun panas memang tidak diperuntukkan untuk membasmi virus flu.

Yang harus diperhatikan oleh orang tua atau pengasuh adalah mengenai pemberian obat pereda demam ini dan usia Si Kecil. Jika bayi berusia di bawah tiga bulan, maka acetaminophen atau sejenisnya sebaiknya jangan diberikan kepada bayi. Oleh karena pedoman dosis pemakaian bisa membingungkan, berkonsultasi dengan dokter disarankan agar pemberian obat jenis ini tepat guna.

Pereda panas lain yang bisa dijadikan pilihan adalah ibuprofen. Hanya saja, obat jenis ini hanya boleh diberikan kepada bayi berusia enam bulan atau lebih. Namun perlu diperhatikan bahwa meski bayi sudah berusia di atas enam bulan, jangan berikan obat ini jika Si Kecil mengalami dehidrasi atau muntah berkepanjangan.

Alih-alih memberikan obat pilek bayi, beberapa tindakan di bawah ini disarankan kepada para orang tua saat bayi mereka mengalami flu.

Meski obat pilek bayi tidak disarankan, menghubungi tetap dianjurkan, terutama jika bayi mengalami demam dengan suhu di atas 38 derajat Celsius. Bayi yang tidak mau makan dan minum, batuk yang tidak sembuh lebih dari tiga minggu, serta memiliki tanda-tanda dehidrasi juga sebaiknya dibawa ke dokter. Selain itu, dokter harus dilibatkan jika bibir bayi terlihat membiru, telinga sakit, dan bayi susah bernapas disertai suara mengi.

Terimakasih telah membaca informasi dari kami tentang “Obat Pilek Bayi Tidak Diperlukan Si Kecil untuk Sembuh dari Flu”. Informasi ini pernah diterbitkan di sini. Jangan sampai tidak baca informasi menarik lainnya ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here