Optimasi Blog dengan POWER CONTENT

Sebelumnya sudah pernah saya sampaikan mulai cara membuat blog dan index Google. Sebagai pemain blog pasti tidak puas kalau blognya sepi pengunjung.

Ada Blogger yang bikin blog, kalau blognya sepi dia tidak mau fokus ke blog yang satu ini. Dia langsung buang blognya. Buat apa bikin blog kalau sepi pengunjung? Mending bikin blog yang baru.

Ada juga yang sayang pada blognya sampai mati-matian mencari cara menaikkan jumlah pengunjungnya. Ada juga yang langsung jual blognya saat peringkatnya sudah baik.

Barangkali di antara teman-teman ada yang sayang pada blognya atau baru mau bikin blog dan ingin blognya tidak sepi, mungkin informasi ini bisa menjadi solusi.

Optimasi Blog dengan POWER CONTENT

Bagi sebuah website atau blog, konten adalah raja. Semakin baik konten blog maka semakin berpeluang besar mendapatkan banyak pengunjung.

Mau pengunjung langsung ke alamat website atau pengunjung lewat mesin pencari, jika konten yang disajikan menarik dan bermanfaat maka kemungkinan pengunjung tidak usah cari lagi lewat mesin pencari. Ini karena websitenya sudah dikenal oleh pengunjung sebagai website yang kaya informasi serta dipandang sebagai website yang dikelola secara serius.

Tidak apa-apa jika website Anda terindeks mesin pencari. Ini seperti mendatangkan pelanggan baru yang siap menyantap sajian dari website Anda tanpa harus bersusah-payah mengajak mereka.

Tapi masalahnya bagaimana cara untuk membuat konten yang memiliki kekuatan, seperti judul pembahasan kita sekarang, Optimasi Blog dengan POWER CONTENT.

Saya hanya berbagi pengalaman saja ya. Resiko berhasil tetap ada. Konten seperti apa yang memiliki kekuatan itu? Ialah konten atau artikel yang banyak dicari.

Para Blogger profesional tidak bosan berburu informasi. Informasi apa yang akan laku besok. Informasi apa yang akan viral minggu depan. Informasi tentang apa yang akan bikin orang penasaran.

Lakukan Riset

Berbagai riset dilakukan demi memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi. Hasilnya?

Websitenya nangkring di halaman pertama mesin pencari. Websitenya tidak pernah sepi dari pengunjung. Websitenya punya banyak pelanggan.
Karena sebentar lagi bulan Ramadhan, mungkin bisa diambil artikel yang berkaitan dengan ramadhan. Biasanya tentang materi kuliah subuh, tips ngajarin anak berpuasa, menu sahur dan buka puasa, dan sebagainya. Siapkan saja dari sekarang. Mungkin bisa baca buku Ramadhan Produktif untuk jadi rujukan.
Setelah tahu apa yang akan dibahas maka fokuslah membuat konten yang serius. Konten yang memberikan kesan kesungguhan dan tidak asal jadi. Ini akan meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap website tersebut. Pengunjung ini akan bookmark/berlangganan alamat websitenya sebagai website yang pertama kali dibuka saat online.

Nulis yang Banyak + Rutin

Blogger yang suka nulis tidak pernah kurang dari 500 kata setiap artikel. Semua artikelnya panjang. Bahkan ada yang berani bayar orang lain untuk nulis artikel yang dia inginkan. Saya pun pernah melakukannya dengan memberikan bayaran berupa pulsa untuk setiap artikel panjang. Mungkin teman-teman bisa pakai cara ini ketika lagi belum dapat ide atau lagi sibuk dan tidak sempat nulis artikel.
Yang penting bisa update artikel secara rutin di blog. Anggap saja, rupiah yang dikeluarkan menjadi investasi jangka panjang. Lebih penting lagi adalah artikelnya lolos dari copyscape.

Kekinian

Selain itu kita bisa membuat konten yang lagi kekinian seperti Minuman Es kepal Milo bagi pecinta kuliner. Cari sebanyak-banyaknya info tentang hal yang lagi nge-Hits di zaman now.

Target Pembaca

Selanjutnya, cari konten yang sesuai dengan pembaca kita. Misalnya jika kita membuat blog khusus seputar ibu rumah tangga atau parenting, tentukan konten yang akan menarik perhatian pembaca kita. Misalnya jika pembacanya adalah ibu-ibu kita bisa buat konten tentang tips menghemat uang belanja, tips mendidik anak yang ngga bikin stres, dan tips lainnya.
Sehingga, semakin kuat konten blog kita semakin kuat pula menarik pengunjung yang mau membaca tulisan di blog kita.

Loading Cepat Juga Penting

Ada lagi yang bilang, buat apa kontennya bagus tapi loadingnya lamaaa. Ini bisa jadi masalah juga ya. Baru saja berkunjung dan belum sampai kebuka semua halamannya malahan langsung di-close. Kalau mau loading cepat, pilih tema yang ringan, gambarnya juga ringan dan seperlunya saja.

Bagi-Bagi Aja

Kalau memang artikelnya terlalu panjang, saya kasih tipsnya biar page view-nya tinggi. Bagi artikelnya menjadi beberapa halaman. Misalnya satu artikel ada 3000 kata, silakan bagi 500 kata setiap halamannya. Jadi satu orang pengunjung akan buka 6 halaman. Artinya halaman blog dibuka sebanyak 6 kali oleh satu orang. Kalau ada seratus saja pengunjungnya, sudah 600 page view. Apalagi 1000 pengunjung atau 10.000, jika dipasangi iklan pasti untung.

Konten adalah raja. Maka buatlah konten yang tidak ngasal. Buatlah konten yang berbobot dan kaya manfaat. Manjakan pengunjung dengan artikel Anda. Inilah power, kekuatan konten yang akan terus mendorong pertumbuhan traffict website. Dijamin, jika Anda serius berikan perhatian terhadap konten blog, insyaAllah akan naik atau bertahan di urutan pertama mesin pencari. Atau tidak akan pernah sepi dari pengunjung.

Rate this article!