Peluang Menjadi Penulis Masih Sangat Luas

0
38

Buku menjadi jendela dunia bagi pembacanya. Semua yang sebelumnya tidak pernah diketahui oleh seseorang dapat diketahui seketika dan secara luas dengan cara membaca buku. Berbagai ilmu dapat dengan mudah diperoleh hanya dengan membaca. Walaupun orang tersebut tidak pernah menginjakkan kaki atau belum pernah tahu tentang sesuatu, seolah-olah sudah pernah dan mengetahui semua.

Pembaca memang lebih banyak jumlahnya. Mereka membaca bukan hanya satu sumber bacaan saja. Banyak buku yang mereka harus baca jika membutuhkan banyak informasi.

Dengan demikian sangat diperlukan penulis kreatif agar buku yang dapat dibaca bertambah. Namun faktanya, stok penulis di Indonesia masih sangat minim. Lebih khusus lagi, penulis muslim masih terbatas jumlahnya. Maka dari itu peluang menjadi penulis untuk kita, khususnya sebagai seorang muslim sangat luas terbentang.

Sebenarnya banyak peluang bagi para penulis mengingat jumlah pembaca semakin banyak sedangkan jumlah stok penulis masih sedikit. Maka dari itu, bagi Anda yang sedang memulai atau sedang menulis, teruslah menulis sehingga semakin banyak peluang untuk mendapatkan pahala dengan berdakwah lewat tulisan.

Para kiyai dan para ustadz lebih banyak berceramah daripada menulis. Mereka berceramah dari suatu tempat ke tempat lain. Waktu mereka dihabiskan untuk berdakwah dengan ceramah.

Akan tetapi alangkah baiknya jika materi ceramah tersebut dibukukan agar orang yang tidak sempat mengikuti ceramahnya dapat juga membaca materi ceramah sehingga materi ceramah tetap tersampaikan. Sehingga dakwah tidak selalu dengan ceramah. Dengan menulis, berdakwah bisa sampai kepada jutaan mata yang membaca. Apalagi jika ceramahnya dibuat rekaman yang kemudian disertakan ke dalam buku. Pastinya akan lebih lengkap lagi. Mudah-mudahan saja dakwah semakin mudah dan bisa semakin luas dengan  cara ini.

Karena jumlah penulis muslim masih dikatakan jarang, maka inilah peluang bagi Anda sebagai orang muslim yang ingin berdakwah lewat tulisan. Anda tidak perlu terlalu pintar dalam masalah agama. Anda dekati saja orang pintar dalam masalah agama. Sampaikan saja bahwa Anda sedang menyusun tulisan tentang ilmu tertentu. Misalnya tentang seputar beribadah puasa yang benar sesuai sunnah. Anda tanyakan saja semua yang belum dipahami. Cari masalah-masalah dalam masyarakat yang berkaitan dengan ibadah puasa. Lalu solusinya ditulis dalam buku. Insya Allah jadi satu buku tentang puasa di abad modern.

Bisa juga tentang berdagang atau beraktivitas ekonomi yang sesuai syariat. Dekati orang yang paham tentang ekonomi syariah. Susun permasalahannya dan cari solusinya. Kemudian susun semua permasalahan dan solusinya tersebut sehingga terkumpul menjadi sebuah buku bermuamalah sesuai syairah.

Maka dengan demikian banyak peluang bagi para penulis mengingat jumlah pembaca semakin banyak sedangkan jumlah stok penulis masih sedikit. Maka dari itu, bagi Anda yang sedang memulai atau sedang menulis, teruslah menulis sehingga semakin banyak peluang untuk mendapatkan pahala dengan berdakwah lewat tulisan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here