Mau Punya Website? Mulai 50rb saja Anda sudah bisa punya website sendiri

Pemkab Asmat Agendakan Parade Perahu Keliling Agats

Pusatsemangat.com – “Pemkab Asmat Agendakan Parade Perahu Keliling Agats”. Selamat menikmati info menarik dari kami. Jangan lewatkan untuk membaca informasi ini sampai selesai. Semoga bisa berikan inspirasi.

JAYAPURA, KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asmat bersama pihak keuskupan mengagendakan parade perahu mengelilingi Kota Agats pada pergelaran Festival Pesta Budaya Asmat pada 4-9 Oktober 2018.

Bupati Asmat Elisa Kambu, di Jayapura, Selasa (2/10/2018), mengatakan perahu yang digunakan untuk parade tersebut yaitu perahu asli dari Agats buatan zaman dulu.

“Perahu ini bahkan dapat digunakan oleh wisatawan untuk sekedar mengelilingi Kota Agats yang adalah ibu kota Kabupaten Asmat,” katanya.

Menurut Elisa, tahun ini Festival Pesta Budaya Asmat mengangkat tema perahu di mana sejak jauh-jauh hari pihaknya bersama Keuskupan Agats sudah melakukan persiapan-persiapan.

“Salah satu persiapan yang dilakukan ialah melaksanakan seleksi terhadap berbagai hal yang akan ditampilkan dalam festival yaitu ukiran, anyaman, tarian hingga perahu yang akan digunakan untuk parade,” ujarnya.

Dia menjelaskan sedikitnya ada 214 ukiran, 75 anyaman, enam kelompok tari dan kelompok parade perahu yang akan ditampilkan pada festival budaya yang telah berlangsung selama tiga dekade (30 tahun) tersebut.

Ukiran suku Asmat.KOMPAS/WISNU WIDIANTORO Ukiran suku Asmat.

“Sedangkan untuk promosi festival pesta budaya di Kabupaten Asmat ini menjadi tanggung jawab Keuskupan Agats sebab adalah penyelenggara utama,” katanya.

Setiap tahun pada Oktober selalu digelar acara yakni festival budaya yang diprakarsai oleh Kurator Museum Asmat, Keuskupan dan Pemda Asmat.

Festival budaya itu mencakup lelang patung, demonstrasi ukir dari para pematung Asmat, pergelaran masakan khas Asmat, pemilihan Abang dan None Asmat, pementasan tarian adat Asmat, manuver perahu atau lomba perahu Asmat dan lain-lain.

Terimakasih telah membaca informasi dari kami tentang “Pemkab Asmat Agendakan Parade Perahu Keliling Agats”. Informasi ini pernah diterbitkan di sini. Jangan sampai tak baca informasi menarik lainnya ya.

Leave a Reply