Mau Punya Website? Mulai 50rb saja Anda sudah bisa punya website sendiri

Persiapan Iedul Adha

Siang hari warga bermusyawarah mempersiapkan hari raya umat Islam. Hari raya tersebut dikenal hari raya kurban. Sering disebut hari raya haji. Atau populernya disebut iedul adha.

Masyarakat memusyawarahkan tempat pelaksanaan shalat id. Mengingat sekarang masih musim kemarau maka disepakati untuk melaksanakan shalat ied esok hari bertempat di lapangan.

Selain itu masyarakat mempersiapkan tempat pelaksanaan kurban. Semua tugas dibagi rata. Ada bagian pencatatan hewan dan pemilik hewan kurbannya, parkir hewan kurban untuk mengurus pengantrian hewan kurban dan mengantarkannya ke tempat penyembelihan, penimbang dan pencatat kiloan agar jumlah daging teratur. Pemotong daging memperkecil ukuran daging agar mudah dibungkus, pengemas daging yang bertugas menimbang dan mengemas, pembersih jeroan harus mencari tempat aliran sungai agar kotoran dari jeroan dapat dibersihkan dan dialirka pada saluran irigasi, pembagi makanan kepada semua panitia mempersiapkan menu makanan, distributor mendistribusikan daging kurban kepada masyarakat. Semua panitia terbagi mulai dari bagian penyembelihan hingga pendistribusian.

Sapi yang tercatat sementara ada sekitar 15 ekor dan domba atau kambing sementara ada sekitar 10 ekor. Barangkali masih ada yang ingin ikut barkurban maka dipersilakan sampai tanggal 13 Zulhijjah untuk menyerahkan hewan kurbannya, panitia siap mengurusi hewan kurban selama hari tersebut.

Leave a Reply