Poin-Poin Penting dari Masalah Kedua dalam Masaail Jahiliyah

Poin-Poin Penting Dari Masalah Kedua Dari  Masaail Jahiliyah

  1. Ia merupakan perinsip dasar agama Islam; karena semua para Nabi datang dengan agama yang sama (Islam; mengesakan Allah peribadahan dan tidak menyekutukannya). Itu amat berbeda dengan keadaan masyarakat jahiliyah; mereka berbeda-beda dalam keadaan beragamanya, sebagimana penulis sendiri menyebutkannya dalam risalah al-Qowaidu al-Arba’, tepatnya kaidah ketiga. 
  2. Berpecah belah dalam dien akan memberikan konsekwensi tidak akan dicapainya persatuan yang sesungguhnya dalam perkara dunia. Begitupun sebaliknya; walau akibat buruknya -pada keumumannya-  lebih ringan dari akibat tafarruq fi al-Dien
  3. Sebagimana Al-Ijtima fi Al-Dien akan menghasilkan al-Ijtima fi al-Dunya wal Abdaan. (Sebagai contoh adalah kisah suku Aus dan Kahzraj)
  4. Diantara sebab kesesatan dan perpecahan  mereka disebabkan masing-masing mereka mengikuti ajaran/tradisi nenek moyang dan pembesar-pembesar mereka tanpa pemilahan; ketaatan yang mutlak. Dan ketaatan mutlak seperti ini, puncak kesesatannya adalah menjerumuskan seseorang pada syirku al-Thaa’ah (Syirik dalam ketaatan). 
  5. Juga diantara sebab kesesatan dan perpecahan mereka karena mereka  berpegang dengan sebagian ayat dan meninggalkan sebagian ayat lainnya yang terdapat dalam kitab mereka.  Bahkan demi “melegalkan” penyimpangan mereka dari sebagian ayat yang mereka tinggalkan  mereka merubah sebagian isi al-Kitab
  6. Adapun diantara penyebab perpecahan yang terjadi di setiap para pembesar mereka adalah karena syaithan menghiasi perbuatan mereka, sehingga setiap mereka memandang perbuatan mereka merupakan kebenaran. Dan selain itu karena adanya kesombongan yang ada pada diri mereka; menolak kebenaran yang ada pada selain dirinya dan merendahkannya (orang lain)
  7. Gambaran yang terjadi di zaman Rasul sangatlah banyak; seperti tergambar pada poin satu dan dua
  8. Gambaran yang terjadi di zaman ini, dari perpecahan dalam perkara al-Dien dan al-Dunya tidak akan keluar dari “mukafirah dan mufassiqah”
  9. Diantara sebab perpecahan yang terjadi dalam umat Islam tidak terlepas dari peran orang-orang munafiq; si musang berbulu domba.
Baca Juga:  Remaja Cerdas say YES VALEsTINE day! Valentine No way...
Yuk bantu share. Semoga jadi amal jariyah dengan ikut berbagi ilmu bermanfaat ini. Aamiin.
Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Pin on Pinterest
Pinterest
Share on Tumblr
Tumblr
Share on LinkedIn
Linkedin