Rugi dan Manfaat Main Pokemon Go

Dunia perinternetan semakin lama semakin berkembang. Para game developer tidak kalah bersaing dengan teknologi yang ada. Muncul dari imajinasi sehingga bisa dimunculkan seolah hadir di depan mata. Seperti game pokemon go yang sedang banyak dibicarakan di banyak media sosial. Game yang masih hangat dibicarakan di berbagai pengajian juga.

Pokemon go adalah sebuah permainan realitas tertambah dalam telepon pintar yang dikembangkan oleh Niantic, sebuah perusahaan sempalan milik Google, yang tersedia untuk perangkat iOS dan Android secara terbatas di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, dan Jerman.

Permainan ini mengajak pemainnya untuk menangkap, melatih, menukar, dan mempertarungkan setiap karakter Pokémon yang ada di dalam telepon di setiap tempat dalam dunia nyata. Meskipun permainan ini gratis untuk diunduh dan dimainkan, Pokémon Go melayani pembelian dalam aplikasi. Ke depannya, permainan ini dapat menggunakan perangkat sandang yang mendukung keberjalanan permainan bernama Pokémon Go Plus. Alat yang menggunakan koneksi Bluetooth ini berfungsi untuk memberitahu pemain ketika karakter Pokémon yang dicari dekat dengan pemain. Alat ini dilengkapi dengan sebuah layar LED dan alat getar ringan.

Setelah pemain masuk ke dalam permainan untuk pertama kali, pemain harus membuat sebuah karakter sebagai penangkap dan pelatih Pokémon. Pemain akan memilih warna kulit, gaya rambut, warna mata dan pakaian untuk karakter mereka di Pokémon Go.

Setelah karakter dibuat, pemain akan melihat karakter sekaligus peta lingkungan sekitar yang digunakan sebagai latar permainan.Di dalam peta itu terdapat PokéStops dan Pokémon Gym. PokéStops adalah tempat untuk mendapatkan beberapa item di dalam permainan Pokémon Go. Sedangan Pokémon Gym adalah tempat di mana pemain bisa melatih atau bertarung Pokémon dengan pemain yang lainnya.

Pemain Pokémon Go harus berjalan-jalan di lingkungan sekitar agar karakter di dalam permainan bergerak. Jenis Pokémon yang ditangkap biasanya berada di tempat-tempat sesuai dengan jenis Pokémon tersebut; misalnya, Pokémon jenis air biasanya akan ditemui di tempat-tempat yang dekat dengan air seperti di sungai, kolam, dan sebagainya.

Pemain juga dapat melakukan pertarungan dengan pemain lain dan memilih tim sendiri untuk menguasai daerah tertentu.

Pokemon go



Pemain dapat merasakan sensasi menangkap Pokémon seperti di dunia nyata dengan adanya teknologi realitas tertambah (augmented reality) yang menggunakan kamera telepon pintar, selain itu telepon pintar para pemain juga harus memiliki sensor giroskop agar dapat menggunakan teknologi tersebut.

Bermain game bila dibandingkan manfaat dan kerugiannya, lebih banyak kerugiannya. Diantara ruginya main game pokemon go adalah hilangnya kesempatan masa muda yang semestinya diisi untuk mencari ilmu yang bermanfaat untuk bekal menghadapi kehidupan di masa yang akan datang ketika dewasa malah habis digunakan untuk mencari mahluk ghaib bernama pokemon.

Entah sengaja atau tidak, memainkan permainan ini ternyata memiliki kerugian lain seperti borosnya uang untuk membeli quota. Kalau yang ini tidak masalah untuk anak orang kaya. Tapi alangkah lebih mulianya jika dipergunakan untuk streaming kajian islam atau download kitab-kitab untuk memperkaya ilmunya.

Sebagai seorang anak semestinya dilatih atau melatih diri untuk berinteraksi dengan dunia nyata. Sementara dengan memainkan game pokemon go membuat anak yang memainkannya terlihat mengucilkan diri. Dia lebih dekat dengan gadgetnya daripada orangtuanya. Dia lebih akrab dengan gadgetnya daripada masyarakat di dunia nyata.

Telepon cerdas namun manusianya malah dibodohi. Teknologinya semakin canggih namun manusianya dimanjakan dan didangkalkan. Teknologi berkembang pesat namun manusianya, generasinya jadi lemah, galau, rapuh, tidak tahan uji. 

Jangan biarkan menyesali dikemudian hari. Beri jalan mereka para generasi untuk meraih ilmu dan cita-cita yang tinggi, bukan level-level game yang membodohi.

Sekarang, coba Anda sebutkan manfaat dari permainan ini!

 

Baca Juga:  Miniatur Excavator Permainan Terbaik Edukasi Anak
Yuk bantu share. Semoga jadi amal jariyah dengan ikut berbagi ilmu bermanfaat ini. Aamiin.
Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Pin on Pinterest
Pinterest
Share on Tumblr
Tumblr
Share on LinkedIn
Linkedin
Rate this article!