Saat Tidak Ada Inspirasi, Apa yang Harus Anda Lakukan?

Inspirasi adalah sesuatu yang berharga bagi saya. Bagaimana saya bisa menulis tanpa ada inspirasi? Saat tidak satupun inspirasi ada di atas kepala, tetap saya tidak boleh berhenti menulis. Saat tidak ada inspirasi pun saya harus tetap menulis. Saya menulis tentang perasaan saya sendiri. Saya berusaha mendiagnosa diri seperti dokter yang menangani pasien. Saya tuliskan penyebab inspirasi itu tidak mau datang. Seperti sekarang ini, saya merasa inspirasi seakan tidak ingin hadir. Padahal biasanya saya bisa menulis banyak setiap harinya. Tapi saya tidak ingin menyerah. Saya tidak mau kalah. Ketika inspirasi tidak datang saat ini maka saya jadikan momen ini untuk bahan tulisan saya. Saya abaikan tatabahasa. Saya abaikan sastra. Yang penting bisa nulis.

Baca: Tips Memanggil Inspirasi

Daripada saya diam, saya tulis apapun yang ada. apa yang saya lihat pun saya tulis. Ada kursi yang berjajar di belakang meja. Ada meja yang tidak rapi ditinggalkan penduduknya. Tembok-tembok yang sudah dimakan usia, sudah pudar warnanya.

Inspirasi adalah sesuatu yang berharga bagi saya. Bagaimana saya bisa menulis tanpa ada inspirasi? Saat tidak satupun inspirasi ada di atas kepala, tetap saya tidak boleh berhenti menulis. Saat tidak ada inspirasi pun saya harus tetap menulis.

Tas tergeletak di atas meja ditemani buku-buku yang dimuntahkannya. Cangkir kosong tidak ada di sini. Di ruangan berujung tembok tanpa cahaya lampu namun terang karena ada cahaya alami.

Mau nulis apa lagi… Sepertinya saya harus pergi sejenak untuk menghirup udara di luar sana. Barangkali ada jawaban atas apq yang saya harapkan. Karena hingga saat ini jika tidak ada inspirasi juga maka mungkin dengan melihat dunia luar, ia akan datang juga.

Yuk bantu share. Semoga jadi amal jariyah dengan ikut berbagi ilmu bermanfaat ini. Aamiin.
Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Pin on Pinterest
Pinterest
Share on Tumblr
Tumblr
Share on LinkedIn
Linkedin
Baca Juga:  Hibur Dirimu dengan Cara Positif