Mau Punya Website? Mulai 50rb saja Anda sudah bisa punya website sendiri

Solusi Agar Semakin Semangat Belajar

Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi orang yang telah berikrar untuk briman kepada Allah. Tidak ada pengecualian bagi bereka yang beiman dalam menggeluti dunia belajar. Mereka wajib belajar sejak dalam buaian hingga ajalnya datang. Tidak ada pengecualian usia, jabatan, pangkat, derajat apapun. Mereka semua wajib belajar meskipun dalam keadaan sakit.

Ada kalanya semangat belajar meningkat dan ada masanya pula semangat belajar menurun. Memang tidak stabil. Itu adalah hal yang biasa terjadi. Namun jika menginginkan yang luar biasa maka hendaknya semangat itu selalu dibina agar semangat belajar semakin kuat dan bertambah kuat. Supaya tidak menjadi orang yang biasa saja.

Jika ingin semangat belajar kuat membaja, langkah awal yang harus dimiliki adalah hendaknya kita mengenali diri. Kita ini siapa dan mau apa?

Kita ini manusia biasa yang mau menjadi manusia yang luar biasa. Maka langkah berikutnya, ketahuilah tujuan belajar itu. Tentunya setiap orang mempunyai cita-cita dan impian. Jika demikian, tuliskanlah tanpa malu semua impian itu. Jangan perhatikan jumlah dan bentuknya. Hari ini memang tidak ada wujudnya. Untuk mewujudkannya adalah tugas bagi penulis impian itu.

Milikilah sahabat yang membawamu tetap semangat belajar. Hindarkan segala yang mubazir. Segala apapun yang dapat mengganggu semangat belajarmu. Perbanyaklah penyebab-penyebab yang akan membuatmu semangat belajar. Dekatkan dirimu kepada yang membolak-balikkan hati agar selalu menetapkan semangat itu tetap tertanam di dalam rongga dadamu.

Jika semangat memudar, segeralah beristighfar karena sesungguhnya ada yang sedang berbisik di dalam hati agar semangat belajar itu memudar dan pergi dari dalam hatimu.

Kembali kepada niat, perbaiki kembal niat saat semangat itu hendak minggat. Ikatlah semangat belajar itu ketika ia sudah kembali. Jangan biarkan semangat belajar itu pergi lagi.

Semoga sebutir nasehat ini menjadi solusi bagi Anda yang sedang berjuang meraih cita-cita. Semoga Allah tinggikan derajatmu wahai yang bersemangat belajar.

Leave a Reply