Sukses Mendidik Anak

Kewajiban orang tua terhadap anak salah satunya yaitu memberikan pendidikan yang baik terhadapnya karena anak adalah amanah bagi orang tuanya.
Sebagai orang tua harus mau mendidik anak di rumah meskipun anak sudah diserahkan kepada lembaga pendidikan tetapi tetap kewajiban ini tidak lepas begitu saja dari orang tua.
Maka dari itu orang tua di tengah kesibukannya harus menyediakan waktu khusus untuk keluarga yang di dalamnya adalah kesempatan bagi orang tua untuk mendidik anaknya.
Memberi pendidikan untuk anak tidaklah susah. Tidak mesti membuat administrasi seperti dalam lembaga pendidikan. 
Kewajiban orang tua terhadap anak salah satunya yaitu memberikan pendidikan yang baik terhadapnya karena anak adalah amanah bagi orang tuanya.  Sebagai orang tua harus mau mendidik anak di rumah meskipun anak sudah diserahkan kepada lembaga pendidikan tetapi tetap kewajiban ini tidak lepas begitu saja dari orang tua.  Maka dari itu orang tua di tengah kesibukannya harus menyediakan waktu khusus untuk keluarga yang di dalamnya adalah kesempatan bagi orang tua untuk mendidik anaknya. Memberi pendidikan untuk anak tidaklah susah. Tidak mesti membuat administrasi seperti dalam lembaga pendidikan.     Mendidik anak yang termudah yaitu denga sering berinteraksi dengan mereka. Berdiskusi mencari solusi apabila ada msalah. Itu membentuk jalinan emosional antara orang tua dan anak. Ajak jalan ke luar, kenalkan dengan tetangga, dengan saudara dan kerabat lainnya untuk membangun kecerdasan sosialnya.  Ketika anak ingin bagus bahasanya maka seringlah ajak anak untuk berbicara menggunakan bahasa yang bagus. Berbicara menggunakan kata yang halus, intonasi yang halus, supaya anak mampu menirunya dan terbiasa berbahsa yang baik.  Ajarkan mereka berterima kasih. Ketika anda meminta tolong kepada anak untuk mengambilkan sesuatu kemudian anak mengambilkannya dan memberikannya untuk Anda maka ketika barang tersebut telah diterima, di hadapannya ucapkanla terima kasih kepadanya (terimakasih sayang). Begitu pula ajarkan kepada anak untuk mengucapkan terimakasih ketika diberikan sesuatu maka ketika Anda memberikan kue kepada anak dan kue tersebut sampai ke tangannya ucapkan "terimakasih ayah/bunda" sehingga anak menirunya karena Anda sering mengucapkannya.  Dengan cara ini juga membiasakan mereka bersyukur, berterimakasih terhadap apapun yang diterima. Tinggal diarahkan saja untuk siapa ucapan terimakasih itu dismpaikan. Ada juga cara agar anak terbiasa berdoa untuk orang tuanya. Anak biasanya meminta uang jajan. Orang tua tidak semestinya memberikan uang tersebut secara cuma-cuma. Ajaklah mereka untuk berdoa kepada Allah agar dimudahkan untuk mendapatkan rezeki, diberikan kesehatan, dan keshalihan. Maka sebelum anda memberikan uang itu ajarkan "Ya Allah mudahkan ayah mendapat rezeki, berikan selalu kesehatan, dan tambahkan keshalihan. Aamiin."  Ingin anak banyak hafalan Alqurannya maka orang tua harus berkomitmen melakukan tindakan pendukungnya. Jauhkan anak dari tontonan yang merusak. Jika Anda punya televisi, jual televisinya dan belikan Alquran. Jika Anda punya banyak koleksi musik, hapus semua koleksi musik tersebut dan beralih mengoleksi bacaan tilawah. Kalau Anda gemar mendengarkan musik atau nyanyi maka beralihlah dengan gemar mendengar bacaan Alquran dan membacanya setiap waktu. Anak akan menirukan yang Anda baca dan dengarkan. Mulailah dari surat-surat pendek. Ajaklah anak untuk mengucapkan ayat demi ayat. Setelah sudah hapal maka terus lanjutkan ke ayat atau surat selanjutnya.
Mendidik anak yang termudah yaitu denga sering berinteraksi dengan mereka. Berdiskusi mencari solusi apabila ada msalah. Itu membentuk jalinan emosional antara orang tua dan anak. Ajak jalan ke luar, kenalkan dengan tetangga, dengan saudara dan kerabat lainnya untuk membangun kecerdasan sosialnya.
Ketika anak ingin bagus bahasanya maka seringlah ajak anak untuk berbicara menggunakan bahasa yang bagus. Berbicara menggunakan kata yang halus, intonasi yang halus, supaya anak mampu menirunya dan terbiasa berbahsa yang baik.
Ajarkan mereka berterima kasih. Ketika anda meminta tolong kepada anak untuk mengambilkan sesuatu kemudian anak mengambilkannya dan memberikannya untuk Anda maka ketika barang tersebut telah diterima, di hadapannya ucapkanla terima kasih kepadanya (terimakasih sayang). Begitu pula ajarkan kepada anak untuk mengucapkan terimakasih ketika diberikan sesuatu maka ketika Anda memberikan kue kepada anak dan kue tersebut sampai ke tangannya ucapkan “terimakasih ayah/bunda” sehingga anak menirunya karena Anda sering mengucapkannya.
Dengan cara ini juga membiasakan mereka bersyukur, berterimakasih terhadap apapun yang diterima. Tinggal diarahkan saja untuk siapa ucapan terimakasih itu dismpaikan.
Ada juga cara agar anak terbiasa berdoa untuk orang tuanya. Anak biasanya meminta uang jajan. Orang tua tidak semestinya memberikan uang tersebut secara cuma-cuma. Ajaklah mereka untuk berdoa kepada Allah agar dimudahkan untuk mendapatkan rezeki, diberikan kesehatan, dan keshalihan. Maka sebelum anda memberikan uang itu ajarkan “Ya Allah mudahkan ayah mendapat rezeki, berikan selalu kesehatan, dan tambahkan keshalihan. Aamiin.”
Ingin anak banyak hafalan Alqurannya maka orang tua harus berkomitmen melakukan tindakan pendukungnya. Jauhkan anak dari tontonan yang merusak. Jika Anda punya televisi, jual televisinya dan belikan Alquran. Jika Anda punya banyak koleksi musik, hapus semua koleksi musik tersebut dan beralih mengoleksi bacaan tilawah. Kalau Anda gemar mendengarkan musik atau nyanyi maka beralihlah dengan gemar mendengar bacaan Alquran dan membacanya setiap waktu. Anak akan menirukan yang Anda baca dan dengarkan. Mulailah dari surat-surat pendek. Ajaklah anak untuk mengucapkan ayat demi ayat. Setelah sudah hapal maka terus lanjutkan ke ayat atau surat selanjutnya.
Yuk bantu share. Semoga jadi amal jariyah dengan ikut berbagi ilmu bermanfaat ini. Aamiin.
Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Pin on Pinterest
Pinterest
Share on Tumblr
Tumblr
Share on LinkedIn
Linkedin

Leave a Reply