Tabir Surya, Sahabat Kulit Putih

In Kesehatan 7 views

Tabir surya merupakan salah satu pelindung kulit dari dampak sinar matahari. Sinar matahari memang bagus untuk kesehatan karena bisa merangsang tubuh memproduksi vitamin D. Namun di lain sisi, jika terkena sinar matahari (sinar ultraviolet A atau B) terlalu lama dan tanpa perlindungan, akibatnya bisa berdampak buruk bagi warna dan kesehatan kulit Anda.

Kulit akan terbakar dan menjadi hitam jika sinar ultraviolet terlalu lama dan tanpa perlindungan. Tidak hanya masalah kecantikan, sinar matahari juga bisa meningkatkan risiko mengalami . Salah satu cara agar terhindar dari efek buruk sinar matahari adalah dengan memakai tabir surya yang tepat.

tabir surya sahabat kulit putih - alodokter

Maka dari itu, penting untuk menggunakan tabir surya yang tepat. Dengan tabir surya, kulit akan terlindungi dari bahaya yang bisa memicu produksi melanin, yaitu pigmen penentu warna kulit, yang membuat kulit menjadi gelap.

Tabir surya melindungi Anda dari sinar ultraviolet yang berbahaya dengan dua cara. Ada tabir surya yang bekerja dengan cara memantulkan sinar UV agar tidak terkena kulit. Ada pula yang bekerja dengan menyerap sinar UV sebelum mengenai kulit Anda.

Dahulu kita hanya fokus mencari kandungan yang tinggi saat mencari tabir surya. Lantaran SPF berfungsi melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet B (UVB), yaitu kulit terbakar, menghitam, dan kanker kulit. Namun penelitian terbaru mengungkapkan bahwa sinar ultraviolet A (UVA) juga bisa meningkatkan risiko kanker kulit dan menyebabkan keriput, meski tidak bisa membuat kulit terbakar.

Agar Anda mendapat perlindungan maksimal, disarankan memilih tabir surya yang memiliki kandungan berikut ini:

Membandingkan tabir surya SPF 15 dan SPF 30, Anda mungkin menganggap tabir surya SPF 30 memiliki manfaat ganda. Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Tabir surya SPF 30 hanya bisa menangkal sinar UVB sebanyak 97 persen saja, empat persen lebih tinggi daripada SPF 15.

Tabir surya digunakan tiap kali Anda keluar rumah, terutama pada pukul 10.00 hingga pukul 14.00. Cuaca tidak memberikan pengaruh. Gunakan baik pada kondisi cuaca sedang panas atau mendung. Ternyata, saat mendung bahaya sinar UV masih bisa menembus awan. Agar tabir surya bekerja dengan sempurna, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Selain cara-cara di atas, penggunaan tabir surya juga harus disesuaikan dengan kondisi kulit Anda secara umum.

Untuk anak-anak, pilih tabir surya yang mudah diaplikasikan, seperti tabir surya berbentuk , dengan warna yang menarik perhatian. Namun saat ingin mengaplikasikan ke bagian wajah, semprotkan ke telapak tangan Anda terlebih dahulu sebelum diusapkan ke wajah mereka. Kulit anak-anak sangat sensitif, jadi hindari tabir surya berbahan PABA dan oksibenzon. Pilih tabir surya untuk anak anak yang berbahan seng oksida dan titanium dioksida serta kandungan SPF 15 atau lebih tinggi.

Tabir surya tidak boleh digunakan kepada bayi berusia enam bulan ke bawah, karena pada dasarnya mereka tidak diperbolehkan terkena sinar matahari terlalu lama.

Jika Anda penyuka olahraga. Pilih tabir surya berbentuk gel karena bisa tetap menempel ketika Anda berkeringat. Namun jika Anda mengelapnya, Anda harus mengaplikasikannya kembali. Hal itu juga berlaku jika Anda berenang dan mengenakan tabir surya dengan label antiair atau . Menurut penelitian, tidak ada tabir surya yang . Biasanya mereka hanya bertahan di air sekitar 40 hingga 80 menit. Setelahnya Anda harus mengoleskan tabir surya kembali.

Sebagus atau setebal apa pun tabir surya yang Anda kenakan, tidak bisa sepenuhnya melindungi Anda dari sengatan sinar ultraviolet. Kulit masih bisa berpotensi menjadi lebih gelap, terbakar, dan bahkan terkena kanker kulit. Oleh karena itu, menggunakan tabir surya harus dilengkapi dengan perlindungan lainnya, seperti memakai kacamata hitam, topi bertepi lebar, menggunakan payung, atau pakaian panjang.

Perawatan Kulit Wajah yang Dapat Dilakukan di Rumah
Perawatan Kulit Wajah yang Dapat Dilakukan di Rumah
Perawatan kulit wajah tak harus selalu dilakukan
Berbagai Penyakit Kulit yang Sering Terjadi di Indonesia
Berbagai Penyakit Kulit yang Sering Terjadi di Indonesia
Sebagai salah satu negara dengan iklim tropis,
Jangan Salah Pilih Sabun Mandi Agar Kulit Tetap Sehat
Jangan Salah Pilih Sabun Mandi Agar Kulit Tetap Sehat
Mandi merupakan bagian penting dalam rutinitas menjaga
Gejala Berat Badan Kurang pada Si Kecil yang Harus Diwaspadai
Gejala Berat Badan Kurang pada Si Kecil yang Harus Diwaspadai
Mengenali berbagai gejala Si Kecil mengalami gangguan
Ternyata Tidur Menggunakan Bantal Berbahaya Untuk Bayi
Ternyata Tidur Menggunakan Bantal Berbahaya Untuk Bayi
Sebagian masyarakat meyakini bahwa menggunakan bantal berbentuk
Memilih Mainan Anak Sesuai Usia
Memilih Mainan Anak Sesuai Usia
Memilih mainan anak sesuai dengan usia penting
Tips Menghindari Bahaya Terlalu Lama Berdiri Saat Hamil
Tips Menghindari Bahaya Terlalu Lama Berdiri Saat Hamil
Saat ini beragam pekerjaan yang dapat dilakukan
Ini Cara Menghilangkan Bau Kaki
Ini Cara Menghilangkan Bau Kaki
Bau kaki dapat menimbulkan gangguan akibat bau
Hati-hati, Ada Risiko Kafein Berlebih Dalam Minuman Anak
Hati-hati, Ada Risiko Kafein Berlebih Dalam Minuman Anak
Mungkin Bunda tidak pernah memberikan kopi untuk

Leave a reply "Tabir Surya, Sahabat Kulit Putih"

Must read×

Top