Tanda-tanda Hamil Anak Kembar Dan Komplikasi yang Bisa Terjadi

Hamil anak kembar menjadi harapan bagi sebagian wanita. Apa saja ciri dan tanda Anda mengalami hamil anak kembar? Apa pula risiko yang bisa muncul dari kehamilan ini? Simak penjelasannya berikut ini.

Hamil anak kembar menandakan bahwa seorang wanita memiliki dua anak atau lebih di dalam kandungannya. Anak-anak tersebut dapat berasal dari telur yang sama (kembar identik) atau pun dari telur yang berbeda (kembar non-identik). lebih umum terjadi pada wanita yang berusia 30-an dan 40-an tahun. Karena pada masa ini wanita akan mengalami siklus yang cenderung tidak teratur, dan memungkinkan munculnya dua folikel sel telur pada saat yang bersamaan.

twin pregnancy

Tanda Hamil Anak Kembar

Wanita yang hamil anak kembar akan memerlukan lebih banyak asupan untuk membantu mencegah . Setidaknya, Anda disarankan untuk mengonsumsi 1 miligram atau 1000 mikrogram asam folat per hari, jika Anda hamil anak kembar.

Berikut ini adalah beberapa tanda Anda hamil anak kembar:

Berbagai tanda dan gejala di atas tidak langsung memastikan bahwa Anda hamil anak kembar. Satu-satunya cara untuk memastikan Anda hamil anak kembar adalah dengan melakukan pada usia kehamilan antara 10-14 minggu. USG bisa disarankan lebih awal jika Anda mengalami perdarahan karena hamil anak kembar, namun perdarahan ini bukan berarti kehamilan Anda bermasalah.

Komplikasi yang Sering Terjadi

Sebagian kehamilan memang memiliki risiko, namun, hamil anak kembar dapat membawa risiko yang lebih besar daripada kehamilan tunggal.

Berikut beberapa risiko dan komplikasi yang sering terjadi pada kehamilan kembar, meliputi:

Penting bagi Anda untuk segera mengetahui apakah Anda hamil anak kembar atau hamil tunggal. Karena tentunya, hamil anak kembar akan membutuhkan perhatian ekstra. Pastikan Anda mendapatkan nutrisi dan cairan yang cukup ketika hamil anak kembar. Rutinlah sesuai jadwal untuk melakukan , guna memastikan bahwa kondisi janin dan kehamilan Anda sehat.

Leave a Reply