1090 E-Book GRATIS
DOWNLOAD

Tempat Download Driver Printer Paling Lengkap

Definisi Printer – Printer sesuai dengan asal katanya dari bahasa Inggris yaitu “print” yang berarti kata kerja yaitu cetak dengan imbuhan –er yang bermakna benda sehingga jika digabungkan menjadi “printer” yang berarti pencetak. 

Printer adalah alat yang mampu mengubah data digital menjadi data dalam bentuk cetak, sehingga perinter dapat diartikan sebagai alat cetak yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas.

Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu penggetil (picker) sebagai alat mengambil kertas dari baki (tray).

Baki Printer ialah tempat yang digunakan untuk menaruh kertas. Kita bisa mencetak berlembar-lembar dengan meletakkan banyak kertas di dalam baki.

Tentunya bukan hanya kertas saja yang dibutuhkan untuk mencetak. Dalam printer terdapat tinta yang terbagi menjadi dua jenis yaitu tinta bubuk dan tinta cair. Perbedaan penggunaan tinta bubuk dan tinta cair ialah pada perbedaan system. Tinta bubuk digunakan pada printer laser. Printer ini butuh pemanasan sebelum digunakan. Sedangkan tinta cair digunakan pada printer ink jet tidak butuh pemanasan, cara kerjanya adalah dengan menyemburkan tinta melalui hulu pencetak (print-head).
Tinta cair atau tinta bubuk (toner) adalah alat pencetak sesungguhnya, karena tinta cair atau tinta bubuklah yang sebenarnya digunakan untuk menulis/mencetak data digital menjadi data cetak pada lembaran kertas. Dengan printer, baik printer laser maupun printer tinta cair kita dapat mencetak data bukan hanya di atas kertas saja, melainkan kita dapat mencetak di kain, kaca, film putih, dan ebonit.

Di dalam printer terdapat pula kabel tipis dan lentur untuk yang berfungsi untuk mengirim data dari pengolah pencetak ke tinta cair atau tinta bubuk. Kabel tipis dan lentur ini kuat sehingga tidak mudah rusak atau putus. Pada bagian belakang printer biasanya ada colokan sejajar atau USB sebagai penghubung ke komputer. Printer modem lebih canggih. Anda bisa mencetak dari jarak jauh tanpa kabel. Anda dapat mencetak data dengan menggunakan jaringan tanpa kabel. Oleh karena itu printer ini dikenal juga dengan printer wireless.

Jenis – Jenis Printer

Printer Dot Matrix

Printer Dot Matrix merupakan printer yang menggunakan pita sebagai alat pencetak. Karena menggunakan pita untuk menampilkan output ke kertas maka hasil cetakan dengan printer dot matrix agak kasar dan kurang bagus.

Printer Ink Jet

Printer Ink Jet adalah alat cetak yang menggunakan tinta cair untuk mencetak. Inkjet yang banyak tersedia di pasaran saat ini mempunyai kemampuan mencetak sampai ukuran kertas yang sangat besar, dan dengan kualitas yang sangat baik.

Printer Laser Jet

Jenis printer laser jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta bubuk atau yang biasa di sebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. Selain hasil cetak yang lebih bagus jika disbanding dengan jenis printer dot matrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil cetak pada mesin photo copy.

Dalam dunia komputer terdapat dua jenis perangkat, yaitu perangkat lunak dan perangkat keras. Printer dalam pembahasan ini termasuk ke dalam perangkat keras meski dalam kenyataannya printer hanya dapat digunakan jika sudah terintegrasi atau terhubung dengan komputer apabila sudah terinstal perangkat lunak di dalam komputer yang sering disebut dengan driver.

Tempat Download Driver Printer Paling Lengkap

Karena software driver sangat penting bagi kelangsungan kerja kita, biasanya para produsen selalu melengkapi produk-produknya dengan CD/DVD yang berisikan software driver. Salah satunya produsen printer, mereka melengkapi CD/DVD driver printer dalam dus kemasan. Apabila CD/DVD itu hilang maka tidak usah bingung sebab produsen printer pun sudah menyediakan solusinya. Solusi yang dimaksud ialah Anda dapat mengunduh driver printer tersebut di website resminya.

Get Driver EPSON Full

Get Driver HP Full

Get Driver CANON Full

Terkadang kita belum tahu atau lupa, apakah driver printer atau driver perangkat keras lainnya sudah terinstal atau belum di komputer? Untuk mengetahui perangkat keras apa saja yang belum terinstal driver-nya, Anda bisa mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini.

Cara Cek Driver yang Belum Terinstall

Cara kesatu, Buka start menu, klik kanan pada My Computer lalu pilih Manage.
Terbukalah jendela baru “Computer Management”. Pada menu sebelah kiri, pilih “Device Management”.

Lihat jenis-jenis perangkat keras apa saja yang belum terpasang pada komputer Anda. Pada perangkat keras yang belum terinstall drivernya, akan ditandai dengan tanda seru berwarna kuning.

Cara kedua lebih mudah, Anda dapat menggunakan DriverBooster produk dari perusahaan Iobit. Setelah Anda instal driver booster, Anda bisa langsung cek ketersediaan driver pada komputer. Klik “scan” maka secara otomatis driver booster akan menemukan driver apa saja yang belum terinstal. Kelebihan lainnya, dengan driver booster ini Anda tidak usah repot mencari driver yang cocok karena driver booster juga mampu mendeteksi dan mengunduh driver yang belum terinstal hanya dengan satu klik saja.

Begitulah cara mengecek driver yang belum terinstall di windows. Jadi, Anda bisa tau driver apa saja yang belum diinstall.

"Kita tidak pernah tahu bahwa ilmu dari link yang kita sebar mungkin dapat merubah hidup seseorang."

2 Comments

Leave a Reply