Terkena Abrasi, Pulau Tiban Jadi Tempat Wisata Tanam Bakau

0
82

Pusatsemangat.com – “Terkena Abrasi, Pulau Tiban Jadi Tempat Wisata Tanam Bakau”. Selamat menikmati info menarik dari kami. Jangan lewatkan untuk membaca informasi ini sampai selesai. Semoga dapat memberikan inspirasi.

KENDAL, KOMPAS.COM – Di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, ada tempat wisata yang masih terbilang baru. Nama tempat wisata itu adalah Pulau Tiban.

Pulau Tiban terletak di Desa Kartika Jaya, Kecamatan Patebon. Tapi sayang, Pulau Tiban yang dibuka untuk wisata sejak lima tahun lalu itu terkena abrasi pada bibir pantainya.

Namun oleh karena itu pula akhir-akhir ini Pulau Tiban menjadi destinasi wisata menanam bakau. Mamat (42), salah satu pengunjung Pulau Tiban, mengatakan kondisi bibir pantai Pulau Tiban semakin parah.

“Pulau Tiban sudah mulai dikunjungi wisatawan, meskipun dari Kendal dan kota tetangga. Harus perlu perawatan untuk menyelamatkan pulau Tiban itu,” tutur Mamat, Sabtu (12/05/2018).

Pulau Tiban, yang kini pantas dijadikan wisata menanam. Kompas.com/Slamet PriyatinKompas.Com/Slamet Priyatin Pulau Tiban, yang kini pantas dijadikan wisata menanam. Kompas.com/Slamet Priyatin

Senada dengan Mamat, warga Kaliwungu Selatan, Agus Sulistyo, mengatakan pulau Tiban sudah terkena abrasi. Padahal Pulau Tiban menurutnya sangat potensial untuk bisa menjadi tempat wisata terkenal.

“Tempatnya bagus. Kita bisa memandang laut lepas, dan memancing tentunya,” ujarnya.

Menurut Agus, perlu keterlibatan semua pihak antara pemerintah dan masyarakat untuk mencegah abrasi.

Tanam Mangrove dan Cemara Laut

Pencegahan abrasi tempat wisata Pulau Tiban sebenarnya juga sudah dilakukan oleh beberapa pihak. Salah satunya adalah Polres Kendal.

Bersama warga, puluhan polisi melakukan aksi menanam bibit bakau di pesisir pantai Pulau Tiban dan di sepanjang aliran sungai Kartika Jaya.

“Kondisi pantai tersebut terancam rusak dan tenggelam karena abrasi yang kian parah,” kata Wakapolres Kendal, Kompol Sugiyatmo.

Orang nomer dua di Polres Kendal tersebut mengatakan penanaman bakau dilakukan untuk menyelamatkan lokasi wisata alternatif yang mulai rusak akibat abrasi.

Ada 5.000 bibit mangrove yang ditanam bersama warga untuk selamatkan pantai dan pulau Tiban itu.

“Aksi peduli lingkungan ini bertujuan menjaga kelestarian alam,” tambahnya.

Bupati Kendal, Mirna Anissa, saat menanam mangrove di pulau tiban. Kompas.com/Slamet PriyatinKompas.Com/Slamet Priyatin Bupati Kendal, Mirna Anissa, saat menanam mangrove di pulau tiban. Kompas.com/Slamet Priyatin

Sebelumnya, Bupati Kendal Mirna Anissa bersama jajarannya juga telah melakukan penanaman bakau dan cemara laut di Pulau Tiban.

Mirna mengaku, Pulau Tiban harus dipertahankan dan dirawat dengan baik supaya tidak termakan abrasi.

“Yang datang ke sini harus naik perahu, otomatis mereka bayar. Warga juga bisa berjualan, sehingga bisa menambah keuangan keluarga,” terangnya.

Terkait dengan hal itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kendal, Tavip Purnama mengatakan pihaknya akan terus memantau dan berupaya mencegah abrasi dengan cara melakukan penanaman laut dan cemara laut.

“Selain melakukan pencegahan abrasi, tempat itu akan kami beri tempat bermain,” ujarnya.

Terimakasih telah membaca informasi dari kami tentang “Terkena Abrasi, Pulau Tiban Jadi Tempat Wisata Tanam Bakau”. Informasi ini pernah diterbitkan di sini. Jangan sampai tidak baca informasi menarik lainnya ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here