Ternyata Manfaat Ketimun Penting untuk Tubuh

0
45

Ketimun memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh, di antaranya bisa mencegah dehidrasi dan baik untuk kulit. Selain mengandung banyak air, tumbuhan ini juga mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik bagi tubuh.

Melihat banyaknya kandungan gizi yang bisa didapat dari sepotong ketimun, mulai sekarang jangan lagi abaikan kehadirannya di piring karena kandungannya sangat penting untuk mendukung kesehatan tubuh kita.

Ternyata Manfaat Ketimun Penting untuk Tubuh - Alodokter

Manfaat ketimun begitu banyak. Di antaranya, sayuran ini kaya akan , mangan, vitamin C, serta beberapa antioksidan yang  dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat mengundang sejumlah penyakit, seperti , diabetes, penurunan daya penglihatan, serta .

Selain itu, kandungan dan pada ketimun dapat membantu melindungi tubuh dari kanker. Sebuah penelitian menemukan, salah satu manfaat ketimun kemungkinan bisa menghambat pertumbuhan , karena mengandung .

Risiko terkena radikal bebas bisa meningkat bila terkena paparan polusi, asap rokok, serta sinar matahari. Begitu juga ketika sedang berolahraga. Sehingga, penting untuk mengonsumsi buah dan sayur yang kaya antioksidan, seperti ketimun.

Selain beberapa hal di atas, masih ada beragam manfaat ketimun yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

Ketimun juga dapat menyehatkan tulang. Menurut penelitian, kandungan dalam ketimun dinilai dapat menyehatkan tulang karena membantu membentuk protein yang dibutuhkan tulang.

Selain sering disajikan sebagai pelengkap makanan, ketimun juga bisa disajikan dalam bentuk minuman. Berikut ini adalah tips menyajikan minuman dari bahan ketimun yang mungkin bisa Anda coba di rumah.

Bahan-bahan yang diperlukan:

Langkah pembuatan:

Masih banyak variasi resep minuman lainnya yang bisa Anda buat menggunakan campuran ketimun dan buah-buahan lainnya. Anda dapat membuat kreasi sendiri sesuai selera, untuk mendapatkan beragam manfaat ketimun bagi kesehatan tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here