Tips Mencegah Pencurian Identitas saat Berwisata

Pusatsemangat.com – “Tips Mencegah Pencurian Identitas saat Berwisata”. Selamat menikmati info menarik dari kami. Jangan lewatkan untuk membaca informasi ini sampai selesai. Semoga dapat memberikan inspirasi.

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat berwisata, barang bawaan adalah salah satu hal penting yang harus dijaga. Pencurian barang bawaan saat berwisata dapat berujung pada hal-hal yang tidak mengenakkan.

Pencurian identitas juga dapat berakhir pencurian uang di rekening bank, penipuan, dan tindak kriminal lainnya.

Ada baiknya melakukan pencegahan pencurian identitas saat berwisata, seperti yang disampaikan oleh Education Manager di Experian’s ProtectMyID, Becky Frost dikutip dari Trip Savvy.

1. Batasi jumlah kartu sumber dana yang dibawa

Anda mungkin butuh kartu kredit saat berwisata, tetapi tidak perlu membawa sampai lima kartu kredit bukan? Apalagi ditambah kartu debit ATM.

Sebelum pergi berwisata, Frost mengatakan sangat bijak untuk memilah isi dompet sesuai kebutuhan.

Lagipula semakin banyak kartu penting yang Anda bawa di dompet saat berwisata, jika hilang, kerepotan malah akan semakin bertambah.

2. Fotokopi segala dokumen penting

Jika dompet atau tas hilang selama berwisata, pastikan segera telfon bank dan asuransi perjalanan Anda.

Penting untuk memfotokopi segala dokumen penting tersebut dan menyimpannya pada tempat aman di rumah.

Bukan ide buruk juga untuk membawa dompet cadangan berisi lembaran fotokopi dokumen penting tersebut, beserta nomor kontak darurat.

3. Taruh segala barang berharga dan fotokopi dokumen di tempat aman

Jika menginap di hotel, biasanya ada brankas khusus yang disediakan untuk menaruh barang penting. Hal yang menjadi persoalan adalah saat menginap di hostel.

Jika merasa keamanan kurang terjaga, bawalah dokumen dan peralatan berharga saat mandi dan tidur.

4. Penanda tas tidak perlu informasi detail

Penanda tas berguna untuk membedakan tas yang satu dengan yang lainnya. Namun yang harus diperhatikan adalah tidak perlu menulis informasi sedetail mungkin di penanda tas.

Cukup nama awal, nomor handphone, atau email. Tidak perlu nama dan alamat lengkap. Penanda tas juga merupakan media pencurian identitas.

Terimakasih telah membaca informasi dari kami tentang “Tips Mencegah Pencurian Identitas saat Berwisata”. Informasi ini pernah diterbitkan di sini. Jangan sampai tidak baca informasi menarik lainnya ya.

Leave a Reply