Yuk Intip Hidangan Lebaran Negara Tetangga, Malaysia dan Singapura

Pusatsemangat.com – “Yuk Intip Hidangan Lebaran Negara Tetangga, Malaysia dan Singapura”. Selamat menikmati info menarik dari kami. Jangan lewatkan untuk membaca informasi ini sampai selesai. Semoga dapat memberikan inspirasi.

 JAKARTA, KOMPAS.com РLetak geografis Indonesia, Malaysia, dan Singapura membuat tradisi perayaan Idul Fitri hampir sama. Namun tetap negara serumpun ini memiliki ciri khas tersendiri.

Terutama dalam soal hidangan, Malaysia dan Singapura juga punya pengaruh dari berbagai negara seperti penduduknya yang majemuk.

Berikut adalah hidangan khas untuk perataan Idul Fitri atau disebut juga Aidilfitri dan Hari Raya Puasa di Malaysia dan Singapura:

1. Bubur Lambuk

Bubur lambuk biasa disantap saat sahur oleh muslim di Malaysia dan Singapura. Saat Idul Fitri tiba, bubur lambuk menjadi hidangan untuk mengisi perut sebelum Shalat Id.

Bubur ini terdiri dari ubi, udang, sapi, dan aneka rempah. Hidangan yang tidak terlalu berat, pas untuk mengisi perut sebelum khusyuk beribadah.

Ketupat adalah hidangan khas pada Hari Raya Lebaran di IndonesiaShutterstock Ketupat adalah hidangan khas pada Hari Raya Lebaran di Indonesia

2. Ketupat

Sama seperti masyarakat Indonesia, pulang Shalat Id masyarakat muslim Malaysia dan Singapura juga akan menyantap ketupat bersama keluarga. Hidangan pendamping ketupat juga tidak berbeda jauh dengan di Indonesia.

Biasanya selalu ada rendang entah itu rendang ayam atau rendang sapi, sate, dan lemang (ketan masak bambu seperti di Sumatera Barat).

Rendang di Malaysia dan Indonesia memiliki cita rasa yang berbeda. Cenderung berbumbu lebih basah dengan warna merah atau kecoklatan. Kalau di Sumatera Barat rendang Malaysia lebih menyerupai kalio.

Kuih bahulu, kue khas Idul Fitri di Malaysia dan Singapura. My Keuken Kuih bahulu, kue khas Idul Fitri di Malaysia dan Singapura.

3. Kue khas Lebaran

Kuih bahulu atau disebut di Indonesia kue bolu jadi ciri khas utama kue Lebaran di Malaysia dan Singapura. Bedanya kuih bahulu tidak dibuat dalam satu cetakan loyang besar. Tetapi loyang cetak kecil (seperti kue pukis), inilah loyang kue tradisional.

Kue kering lainnya ada kuih makmur, yakni kue kacang tanah bertabur gula tepung, kuih bangkit, dan pineapple tarts (nastar), dan kuih loyang (kembang goyang). Kue lapis juga populer sebagai kue perayaan di Malaysia dan Singapura.

Durian Musang King.KOMPAS/M CLARA WRESTI Durian Musang King.

4. Buah favorit

Bulan Ramadhan biasanya bertepatan dengan musim panen durian di Malaysia dan Singapura. Jadi perayaan Idul Fitri semakin meriah dengan acara makan buah durian bersama.

Muslim di Malaysia dan Singapura juga mengenal tradisi ‘open house’ atau membuka rumah bagi semua orang untuk saling bersilaturahmi dan berbai rezeki lewat duit raya alias membagi amplop berisi uang kepada sanak saudara.

Terimakasih telah membaca informasi dari kami tentang “Yuk Intip Hidangan Lebaran Negara Tetangga, Malaysia dan Singapura”. Informasi ini pernah diterbitkan di sini. Jangan sampai tidak baca informasi menarik lainnya ya.

Leave a Reply